Bupati Usulkan Vaksinasi untuk Semua Guru dan Tenaga Pendidik

Bupati Temanggung M AL Khadziq saat meninjau uji coba pelaksanaan PTM di SMK N 1 Temanggung
TINJAU. Bupati Temanggung M AL Khadziq saat meninjau uji coba pelaksanaan PTM di SMK N 1 Temanggung

MAGELANGEKSPRES.TEMANGGUNG – Bupati Temanggung M AL Khadziq akan mengusulkan vaksinasi kepada seluruh guru dan tenaga pendidik. Langkah ini dilakukan sebagai persiapan untuk pembelajaran tatap muka (PTM) di Temanggung.

“Kami akan usulkan pada Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, nantinya pemprov yang akan mengajukan ke pemerintah pusat terkait dengan usulan dari Temanggung untuk segera mem-vaksin seluruh guru yang ada di daerah tersebut sebagai persiapan PTM,” katanya, kemarin.

Menurut Bupati, vaksinasi pada guru menjadi sangat penting untuk dilakukan, sebagai persiapan dalam membuka pendidikan tatap muka. Jika kondisi guru dan tenaga pendidik lainnya sudah mendapatkan vaksin maka salah satu persyaratan untuk PTM sudah dipenuhi.

Maka itu lanjut Bupati, vaksinasi kepada tenaga pendidik diharapkan segera dilaksanakan atau dapat dipercepat. Karena guru dan tenaga pendidik ini sangat dibutuhkan manakala PTM akan dilaksanakan.

“Vaksinasi di 5 sekolah untuk diujicoba pembelajaran tatap muka sudah dilakukan. Kini kami usulkan semua guru untuk divaksinasi Covid-19, agar kedepan saat akan dilaksanakan PTM, semua guru sudah mendapatkan vaksin covid-19,” kata Al Khadziq.

Bupati menuturkan sebelum pengusulan pihaknya telah berdiskusi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Temamnggung untuk vaksinasi dengan seluruh guru sebagai persiapan dalam membuka PTM. Tetapi memang sampai kemarin belum ada petunjuk untuk pelaksanaan vaksin untuk guru.

“Sampai saat ini memang belum ada petunjuk, maka dari itu kami mencoba mengusulkan,” katanya.

Ia mengungkapkan, sampai saat ini kementerian masih meminta vaksinasi pada lansia terlebih dahulu. Sehingga pemkab melaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan.

Jika vaksinasi untuk guru sudah dilaksanakan, maka pemkab akan menjadi lebih siap dalam PTM yang sudah dinanti-nantikan oleh masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya :  Pemkab Temanggung Mulai Izinkan Wisata dan Kesenian Dibuka

Kendati demikian, untuk usulan vaksinasi pada siswa, pihaknya belum mengusulkannya. Karena untuk golongan umur pasti Kementerian Kesehatan punya pertimbangan-pertimbangan yang lebih bersifat teknis medis.

“Tetapi untuk guru adalah sudah usia dewasa yang sudah dapat dapat divaksin,” kata Al Khadziq.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Khabib Mualim menngungkapkan sampai Sabtu (3/4) jumlah hasil vaksinasi dosis 1 sebanyak 21.211 orang yang terinci  tenaga kesehatan 3.247, publik 10.168 dan lansia 7.796. Sedangkan jumlah hasil vaksinasi dosis 2 sebanyak 10.974 yang terinci 2.973 untuk tenaga kesehatan, publik 7.831 dan lansia 170.

“Kami terus vaksinasi, terutama pada lansia, sesuai petunjuk dari Dinas Kesehatan Provinsi, kalau untuk guru juga sudah dilakukan, namun baru di lima sekolah negeri, belum semua guru mendaptkan jatah vaksinasi,” tandasnya. (set)