Bupati Temanggung Minta ASN Belanja di PKL Selamanya

BELANJA. Sejumlah ASN di Temanggung mulai menjalankan instruksi Bupati dengan belanja di PKL. (Foto:setyo wuwuh/Temanggung ekspres)
BELANJA. Sejumlah ASN di Temanggung mulai menjalankan instruksi Bupati dengan belanja di PKL. (Foto:setyo wuwuh/Temanggung ekspres)

MAGELANGEKSPRES.COM, TEMANGGUNG – Instruksi Bupati Temanggung M Al Khadziq agar aparatur sipil negara (ASN) belanja di pedagang kaki lima (PKL) tidak hanya berlaku selama PPKM Darurat saja, melainkan bisa dilakukan selamanya.

“Tidak ada salahnya ASN dan pegawai Perusda serta kepala dan perangkat desa untuk terus belanja di PKL, akan sangat membantu perekonomian,” ujar M Al Khadziq, kemarin.

Ia mengatakan, barang dagangan dari PKL tidak kalah dengan pedagang lainnya. Oleh karena itu bagi ASN dan pegawai Perusda serta kepala dan perangkat desa yang tidak belanja di PKL akan merugi sendiri.

Sebab katanya, selain rasanya yang enak, dagangan yang disajikan oleh PKL rasanya juga tidak kalah enaknya dan harganya sangat murah.

“Sebenarnya keuntungannya sangat banyak, jika belanja di PKL, pengeluaran menjadi lebih hemat, karena harganya murah,” tuturnya.

Terkait adanya ketidaktaatan bagi elemen-elemen di atas, Bupati menyatakan, memang tidak akan ada sanksinya jika tidak belanja di PKL.

“Rugi bagi diri sendiri saja, karena tidak bisa saling membantu, karena dengan kondisi saat ini, belanja di PKL akan sangat membantu roda perekonomiannya,” katanya.

Sebagaimana diwartakan koran ini sebelumnya, Bupati Temanggung menginstruksikan semua ASN belanja di warung PKL, karena sektor ini sangat terpukul akibat penerapan PPKM-Darurat. Bupati juga meminta tim patroli untuk mong-tinemong (saling memahami) dan tidak membuat takut PKL. Sebaliknya para pedagang juga diminta ngemong keadaan untuk tidak menimbulkan kerumunan.

Sektor PKL adalah salah satu tempat bergantung banyak penduduk, sehingga perlu diperkuat agar ekonomi sektor informal tetap bertahan. Sementara PNS itu ekonominya stabil tidak terpengaruh pandemi Covid-19, maka dalam keadaan sulit begini mereka harus peduli membantu pihak yang susah, salah satunya dengan belanja di PKL. (set)

Artikel Menarik Lainnya :  Ratusan Pelaku Seni Budaya Sudah Divaksin, Bupati Temanggung : Hajatan dan Kesenian Bisa Kembali Digelar