Bupati Penajam Paser Utara Ternyata Kena OTT di Jakarta. KPK Sita Sejumlah Uang…

Bupati Penajam Paser Utara Ternyata Kena OTT di Jakarta. KPK Sita Sejumlah Uang...
Plt Jubir KPK Ali Fikri menjelaskan soal Bupati Penajam Paser Utara atau Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud kena OTT KPK bersama sepuluh orang di Jakarta. Ilustrasi Foto: (Humas KPK)

MAGELANGEKSPRES.COM, JAKARTA – Satgas penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi bahwa Bupati Penajam Paser Utara atau Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud kena OTT KPK di Jakarta. Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud kena OTT KPK pada Rabu (12/1) atas kasus dugaan suap. “Yang bersangkutan ditangkap di Jakarta beserta beberapa pihak lainnya,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (13/1).

Fikri menyebut total ada sebelas orang yang terjaring OTT KPK itu. Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud dan beberapa pihak itu sudah diperiksa di Gedung KPK, Jakarta Selatan. “Ada yang sudah di K4 (Gedung Merah Putih KPK, red), ada juga di Kalimantan Timur,” beber Fikri.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengungkapkan para pihak yang diamankan diduga terkait dengan penerimaan suap. “Giat tangkap tangan terhadap penyelenggara negara di wilayah Penajam Paser Utara atas dugaan penerimaan suap dan gratifikasi,” kata Ghufron.

Dia mengatakan hingga saat ini para pihak yang kena OTT masih menjalani pemeriksaan secara intensif.

Lembaga antikorupsi itu juga mengamankan sejumlah uang saat melakukan penangkapan terhadap Abdul Gafur Mas’ud dan kawan-kawan dalam operasi senyap itu.  “Dalam kegiatan tangkap tangan ini, juga diamankan barang bukti di antaranya uang dalam pecahan rupiah yang jumlahnya akan kembali dihitung dan dikonfirmasi kepada pihak-pihak terperiksa,” kata Ali Fikri .

Ali menjelaskan bahwa tim KPK menangkap tujuh orang di Jakarta. Adapun yang ditangkap di Jakarta itu ialah Abdul Gafur, beberapa aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, dan pihak swasta. “Saat ini, para pihak masih dilakukan pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Korupsi Rahmat Effendi. Pejabat Tinggi Pemkot Bekasi hingga Ajudan Walikota akan Diperiksa KPK

Selain itu, KPK juga menangkap empat orang lainnya di Kalimantan Timur (Kaltim). Mereka antara lain ASN Pemkab Penajam Paser Utara dan pihak swasta. (tan/jpnn)