Bupati dan Wabup Wonosobo Terpilih Ikut Divaksin

VAKSINASI. Bupati Wonosobo terpilih Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati Muhammad Albar mengikuti program vaksinasi Covid-19 tahap II di Aula RSUD KRT Setjonegoro, 

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Bupati Wonosobo terpilih Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati Muhammad Albar mengikuti program vaksinasi covid-19 tahap II di Aula RSUD KRT Setjonegoro, Rabu (24/2). Paslon yang menang pada pilkada 2020 itu  akan dilantik pada Jumat 26 Februari 2021 nanti . Sama seperti yang lain keduanya harus melakukan registrasi dan screening oleh tim medis dari RSUD milik Pemkab Wonosobo itu.

“Setelah divaksin kami harus menunggu observasi selama 30 menit, untuk mengetahui ada reaksi atau tidak setelah divaksin, masyarakat tidak perlu takut, ini upaya pemerintah kita dalam menekan penyebaran virus corona,” ungkap Afif Nurhidayat.

Pihaknya mengaku lega setelah divaksin. Setelah vaksin pertama akan dilakukan vaksin lanjutan 14 hari ke depan. Program vaksinasi ini sebagai upaya pembentukan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang virus Corona.

“Setelah divaksin imunitas tubuh meningkat dan mampu melawan penyakit Covid-19. Namun demikian, meski telah divaksin, siapapun harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang ketat,” pintanya.

Baca Juga
13 Awak Media Wonosobo Divaksin, Ada yang Takut Jarum hingga Lupa Sarapan

Plt Dinkes dr.Muhammad Riyatno  mengatakan pada  vaksinasi tahap I yang diikuti tenaga kesehatan (nakes) dan jajaran Forkopimda .Pada tahap I ada 4.383 sasaran. Namun yang melakukan vaksin baru 3.930 orang dan 453 sasaran gagal divaksin karena berbagai alasan medis.

“ Bagi penderita penyakit kronis, ibu hamil dan menyusui tidak diperkenankan ikut vaksin Covid-19,” ucapnya.

Menurutnya , pada vaksinasi tahap II ini disiapkan 34 ribu vaksin. Di termin I ada 10 ribu dosis dengan 5 ribu sasaran. Vaksinasi tahap II diperuntukkan bagi pelayanan publik di instansi pemerintah, anggota TNI-Polri, Satpol PP dan wartawan.

Artikel Menarik Lainnya :  PTM Sudah Jalan, Vaksinasi Pelajar di Wonosobo Masih Cukup Rendah

“Vaksinasi termin II akan dilanjutkan pada waktu berikutnya. Karena jika dilakukan dalam satu waktu, tenaga medis dan fasilitas kesehatan yang ada tidak mampu menampung jumlah peserta yang banyak. Jadi harus bergilir agar tidak menimbulkan kerumunan,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di RSUD KRT Setjonegoro, RSI, RS PKU Muhammadiyah RSIA Adina, Klinik Pratama, Klinik Nailus Shifa, Klinik Bhayangkara, Klinik PMI dan seluruh fasilitas kesehatan yang ada di 15 kecamatan di Wonosobo. (gus)