Bupati Afif Nurhidayat Himbau Jangan Abaikan Saluran Drainase

Bupati Afif Nurhidayat Himbau Jangan Abaikan Saluran Drainase
Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat memantau gotong royong normalisasi saluran di Kelurahan Kertek. foto: Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM – Saluran drainase dan sungai memiliki fungsi yang penting dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terkait hal itu, warga diimbau menjaga kebersihan dengan melakukan pemeliharaan rutin.

“Warga harus menjaga saluran dan sungai di sekitar pemukiman, agar tercipta lingkungan yang sehat dan bersih,” ungkap Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat usai memantau gotong royong normalisasi saluran di Kelurahan Kertek, baru-baru ini.

Menurutnya, saluran drainase dan sungai tidak boleh rusak apalagi didirikan bangunan. Warga masyarakat yang akan membuat bangunan di sempada maupun di saluran irgasi untuk mengajukan izin, agar bisa diberikan rekomendasi teknis sehingga bangunan tersebut tidak mengganggu fungsi saluran.

“Jangan sampai menggangu fungsi saluran,” katanya.

Sementara itu, Kabid SDA DPUPR, Eko Premono mengatakan, dalam upaya melakukan normalisasi saluran air baik saluran irigasi maupun saluran drainase di wilayah Kelurahan Kertek menjelang musim hujan, Lurah Kertek bersama Bidang SDA DPUPR Kabupaten Wonosobo melakukan sosialisasi dan diskus.

Diskusi tersebut berhasil memotivasi warga masyarakat Kelurahan Kertek untuk bersama-sama dengan semangat Gumregah Makaryo Sesarengan melakukan gotong-royong.

“Gotong royong yang melibatkan berbagai elemen akhirnya terlaksana diikuti warga masyarakat Kelurahan Kertek, Polsek Kertek, Koramil Kertek, pedagang pasar, ojek di sekitar Pasar Kertek dan petugas Operasi dan Pemeliharaan Irigasi DPUPR Kabupaten Wonosobo,” katanya.

Menurutnya, masyarakat harus memiliki rasa tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah. Salah satu upaya yang paling mudah adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan khususnya di saluran air, baik saluran irigasi maupun saluran drainase. (gus)