Bung ToMo Serap Aspirasi Nelayan Purworejo

BERFOTO. Bung ToMo saat berfoto dengan masyarakat nelayan di pesisir selatan Purworejo.
BERFOTO. Bung ToMo saat berfoto dengan masyarakat nelayan di pesisir selatan Purworejo.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Purworejo, H Kuswanto SH MSi dan Kusnomo melakukan kunjungan ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Jatimalang Kecamatan Purwodadi Purworejo, kemarin. Kedatangan keduanya untuk menyerap aspirasi tersebut diterima oleh belasan nelayan di kawasan tersebut.

Dalam dialog yang mengalir dengan santai dan hangat tersebut para nelayan menyampaikan unek-unek serta harapan kepada bapaslon yang akrab dipanggil Bung ToMo. Sejumlah persoalan seperti kondisi nelayan saat paceklik ikan karena suasana ombak laut yang tidak mendukung serta harga ikan yang kadang tidak stabil disampaikan dalam forum itu.

“Potensi ikan laut di wilayah perairan selatan Purworejo sangat luar biasa. Ini adalah potensi yang belum tentu semua daerah punya,” kata Kuswanto.

Untuk itu, Kuswanto mengajak kepada seluruh petani untuk terus menjaga lautan yang telah memberikan berkah rejeki kepada rakyat Purworejo. Bukan semata berwujud ikan, namun potensi wisata pantai juga cukup besar dan manfaatnya selama ini sudah dirasakan masyarakat.

“Kami punya program pariwisata juga program-program nelayan yang saat ini tengah digodok oleh tim. Kami sedang berfikir bagaimana agar potensi ikan dan pariwisata ini dapat dikolaborasikan dengan lebih baik lagi agar keduanya dapat terus berkembang,” tandasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, khusus untuk nelayan harus ada pendampingan secara serius agar secara ekonomi dapat betul-betul dirasakan oleh masyarakat nelayan. Pendampingan tersebut bukan semata terkait penangkapan ikan di laut tapi bagaimana budidayanya di daratan.

“Jadi para nelayan nantinya tidak hanya mengandalkan hasil tangkapan ikan di laut semata namun juga dapat berkembang di sektor lain seperti budidaya ikan mulai dari pembibitan hingga pembesarannya sekaligus pendampingan di wilayah distribusi hasilnya,” tandasnya. (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  Juara Digital Festival 73 Th DPRD Terima Hadiah Jutaan Rupiah