BRT Kutoarjo-Borobudur Ditarget 2020

BRT Kutoarjo-Borobudur Ditarget 2020
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo, Agus Budi

PURWOREJO – Bus Rapid Transit (BRT) yang rencananya akan melayani trayek Kutoarjo – Borobudur ditargetkan bakal mulai beroperasi pertengahan tahun 2020 mendatang. Layanan transportasi massal tersebut diharapkan dapat menjadi penopang bagi pengembangan kawasan wisata di Purworejo.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo, Agus Budi saat dimintai konfirmasi di kantornya, Rabu (24/7) mengungkapkan jika proyek BRT tersebut merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Purworejo hanya ketempatan jalurnya saja. Termasuk penetuan titik halte dan pembangunannya juga menjadi wewenang dari Pemprov Jateng,” kata Agus Budi.

Saat disinggung mengenai proses proyek pengadaan BRT dan pembangunan halte tersebut sudah sampai mana, Agus mengungkapkan jika saat ini baru sebatas sosialisasi yang pertama yakni pada tanggal (23/7) lalu dan belum sampai pada pembahasan soal teknisnya mau bagaimana.

“Kemarin sempat disinggung jika pembangunan halte akan dihitung berdasar potensi penumpang dan jarak. Pada prinsipnya kami siap bekerjasama dengan Pemprov Jawa Tengah agar program tersebut dapat segera terealisasi dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat Purworejo,” imbuhnya.

Dengan trayek tersebut, sambung Agus, masyarakat yang ingin berkunjung ke Borobudur dari Stasiun Kutoarjo menjadi semakin mudah. Sebaliknya, wisatawan yang dari Borobudur hendak melanjutkan kunjungan wisatanya ke Purworejo juga memiliki akses yang mudah.

Rencana Gubernur Ganjar mengadakan BRT di Purworejo, adalah dalam rangka mendukung wisata Stasiun Kutoarjo yang merupakan cagar budaya serta pengembangan kawasan wisata Borobudur sebagai kawasan strategis wisata nasional.

“Seperti kita tahu, banyak potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Purworejo. Dengan adanya trayek tersebut tentu juga akan memberikan dampak yang positif bagi pengembangan wisata di Purworejo,” katanya. (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  Pemkab Purworejo Serahkan Ganti Rugi Proyek Pelebaran Jalan