BPBD Wonosobo Ingatkan Calon Pemudik Soal Kebakaran

BPBD. Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Wonosobo menggelar hari kesiapsiagaan bencana tahun 2022 di halaman kantor BPBD.
BPBD. Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Wonosobo menggelar hari kesiapsiagaan bencana tahun 2022 di halaman kantor BPBD.

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo menggelar hari kesiapsiagaan bencana tahun 2022. Dalam kesempatan itu, warga diingatkan agar mewaspadai ancaman kebakaran.

“Kejadian kebakaran kita tertinggi, apalagi ini momentum jelang lebaran, harus hati hati, aktivitas dapur tinggi dan bagi pemudik rumah biasa akan ditinggal dalam waktu yang lama,” ungkap Kepala BPBD Wonosobo, Bambang Triyono, kemarin.

Menurutnya, Momentum Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022 ini harus dimaknai dengan gerakan siaga bencana. Harus menjadi sebuah “gerakan massif” berupa penanaman kesadaran mengenai ancaman, serta memberi bekal kemampuan mengatasi bencana, setidaknya menghindari bencana.

“Kepada yang mau mudik, rumah terlebih dahulu cek dapur, kompor, tungku api, aliran air bersih juga listrik sudah dimatikan. Mengingat bencana kebakaran ditimbulkan dari kelalaian sendiri,” katanya.

Berkaitan dengan bencana alam, pihaknya membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak. Sebab bencana longsor dan banjir di Wonosobo tidak lepas dari kondisi kerusakan di kawasan pegunungan dan hulu sungai.

“Edukasi dan mitigasi bencana dibutuhkan kolaborasi semua pihak, agar upaya yang dilakukan sebagai bentuk antisipasi bersifat luas,” ucapnya.

Sementara itu, kegiatan yang dilakukan BPBD, melaksanakan kegiatan apel di halaman kantor dilanjutkan meninjau kesiapan 6 posko dan bagi2 masker serta handsanitiser kepada petugas posko.

BPBD siap dalam 24 jam untuk antisipasi terjadi bencana di wilayah Kabupaten Wonosobo. (gus)