BPBD Temanggung Targetkan Bagikan 10.000 Masker Gratis

BPBD Temanggung Targetkan Bagikan 10.000 Masker Gratis
BPBD Temanggung Targetkan Bagikan 10.000 Masker Gratis

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung menargetkan bisa memproduksi 10.000 masker untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

“Tim SAR BPBD Temanggung juga memproduksi masker kain. Masker-masker produksi dari SAR dan relawan ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis sebagai upaya mencegah penularan virus corona,” ujar Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Temanggung Edy Murjanto, kemarin.

Ia juga mengungkapkan, pada tahap awal pembuatan masker ini memang sengaja ditargetkan bisa memproduksi masker hingga 10.000 lembar. Semakin banyak masker yang dibagikan maka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 bisa tercapai.

“Pertama kami targetkan 10.000 masker dulu, proses pembuatannya saat ini masih terus dikebut,” terangnya.

Untuk dapat memproduksi sejumlah masker tersebut, pihaknya menargetkan setiap hari bisa menyelesaikan 300 masker. Personel yang terlibat cukup banyak dalam memproduksi masker ini, yang bekerja sampai malam secara bergiliran.

“Pada siang hari teman-teman perempuan yang membuat dan malam hari oleh teman-teman laki-laki,” katanya.

Baca Juga
Ribuan Perangkat Desa di Purworejo akan Terima Siltap, Segera Dicairkan

Menurutnya, pembuatan masker kain di BPBD Kabupaten Temanggung tersebut sudah berlangsung selama lima hari. Dalam waktu kurang dari dua pekan target 10.000 masker masker bisa tercapai.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin, sehingga masker-masker ini bisa segera dibagikan,” katanya.

Terkait dengan bahan untuk membuat masker, berupa kain yang didapatkan dari para donatur dan jugabsisa kain di konveksi. Namun dalam produksi masker ini pihaknya juga mengalami kendala.

“Bukan tidak ada kendala, terutama mesin jahit. Memang banyak yang menyumbangkan dalam kondisi rusak kemudian kita perbaiki oleh anak-anak SAR sendiri,” katanya.

Menurut dia jika target 10.000 masker selesai nanti segera dibagikan dan akan dilanjutkan lagi dengan pembuatan masker dengan target yang sama.

Pembagian masker akan dilakukan di tempat-tempat keramaian maupun pasar. Dengan harapan masyarakat di Temanggung tetap bisa mematuhi anjuran pemerintah yakni wajib menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Tidak pandang siapa, masyarakat yang kebetulan belum memakai masker akan menjadi target saat pembagian. Masyarkaat yang sudah punya juga tetap akan kami beri,” tandasnya.(set)