BP Jamsostek Maksimalkan Pelayanan Antrean Online

Ilustrasi kantor Bp Jamsostek magelang
Ilustrasi kantor Bp Jamsostek

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih banyak menyebar di belahan dunia, masa darurat Covid-19 pun di perpanjang oleh setiap negara. BNPB sebagai Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menambah masa darurat di Indonesia sampai 29 Mei 2020. Pembatasan social (social distancing) terus berlaku hingga masa darurat berakhir.

Pelayanan public banyak yang terganggu akibat pembatasan sosial tersebut, akibatnya banyak yang melakukan pelayanan melalui online. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) yang merupakan operator jaminan social ketenagakerjaan mengubah pelayanan klaim jaminan social dengan menggunakan daring.

Perubahan pola pelayanan online khusus tersebut mulai dilakukan BP Jamsostek sejak 23 Maret 2020, yang sebenarnya, antrean online BPJamsostek telah resmi digunakan sejak 1 Juli 2018, akan tetapi saat terjadi Pandemi pada saat ini, seluruh peserta BP Jamsostek diwajibkan melakukan proses klaim melalui antrian Online.

Budi Santosa, Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Magelang menerangkan, bahwa antrean online ini digunakan untuk menekan jumlah peserta yang datang ke kantor BP Jamsostek sehingga kantor akan tetap steril dari kerumunan peserta demi mencegah penyebaran Covid-19. “Dengan antrean online, para peserta BP Jamsostek tidak perlu datang ke kantor untuk melakukan klaim, akan tetapi cukup daftar melalui antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau aplikasi mobile BPJSTKU, kemudian upload dokumen yang diperlukan jika sudah terverifikasiakan diinformasikan melalui email atausms, cukupmudah dan simple,” terang dia.

Budi menambahkan bahwa selama dibuka layanan antrean online sejak 23 Maret 2020 sampai 8 April 2020 sudah ada 303 peserta yang mendaftar, sekitar 60% telah melakukan upload berkas, dan sekitar 51% daripeserta yang mendaftar yang sudah diproses.

Pelayanan online tersebut akan terus kami genjot walaupun pasca pandemi Covid-19, agar peserta BP Jamsostek tidak perlu dating ke kantor dan tidak terjadi penumpukkan pengunjung di kantor BP Jamsostek Cabang Magelang,” tutupnya. (rls/oko)