Borobudur Night Carnival Kembali di Gelar, Libatkan 11 Daerah

CARNIVAL. Camat Borobudur Subiyanto sampaikan penjelasan teknis pelaksanaan Borobudur Night Carnival, kepada awak media.
CARNIVAL. Camat Borobudur Subiyanto sampaikan penjelasan teknis pelaksanaan Borobudur Night Carnival, kepada awak media.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sebagai salah satu langkah pemulihan perekonomian setelah dua tahun terdampak pandemi Covid 19, Pemerintah Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang akan menggelar kegiatan Borobudur Night Carnival.

Kegiatan yang mengusung tema, Gemebyaring Ratri Ing Bumi Borobudur tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu (27/8/2022) pukul 19.00 WIB hingga selesai. Rute Carnival dimulai dari start point Lapangan Kujon, depan Kantor Kecamatan Borobudur sebagai panggung kehormatan, pertigaan Polpar Borobudur, menuju ke arah pertigaan Pasar Borobudur dan finish di Terminal Borobudur.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menggaungkan kegiatan budaya malam tahunan yang sempat terhenti karena pandemi kemarin.Tentu saja bertujuan untuk mendukung geliat ekonomi masyarakat, terutama dalam sektor pariwisata kawasan Borobudur,” ucap Camat Borobudur Subiyanto, saat wawancara dengan awak media terkait persiapan Borobudur Night Carnival, Kamis (25/8/2022).

Subiyanto, mengatakan, kegiatan tersebut juga melibatkan peserta dari daerah lain, yaitu Kabupaten Demak, Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Kebumen, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali. Kabupaten Purworejo, Kabupaten Cilacap dan Pemprov Jateng.

Serta diikuti oleh 20 Desa se Kecamatan Borobudur, seluruh instansi Kecamatan Borobudur, SLTA se Kecamatan Borobudur, dan pelaku UMKM se Kecamatan Borobudur.

“Kegiatan ini melibatkan 11 daerah, dengan menampilkan budaya masing-masing dan semua desa di wilayah Kecamatan Borobudur juga dilibatkan,” terang Subiyanto.

Ketua Panitia kegiatan tersebut, Bendrat, menambahkan, secara teknis peserta Carnival akan perform di depan panggung kehormatan selama lima menit, untuk diberikan penilaian oleh juri.

“Start point di Lapangan Kujon cukup leluasa untuk persiapan tampil, dan panggung kehormatan tidak jauh dari Lapangan Kujon tepatnya didepan Kantor Kecamatan Borobudur. Selain itu Gebyar UMKM juga digelar di halaman Kantor Kecamatan Borobudur,” tutur Bendrat.(cha)