Borobudur Marathon Menyapa 2022, Awal Perjalanan Menuju Kemenangan

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng adalah sebuah perlombaan lari di Jawa Tengah yang dipersembahkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan Harian Kompas dan Bank Jateng. Tahun ini memasuki tahun keenam penyelenggaraan, persiapan telah dilakukan penyelenggara untuk memenuhi keinginan para pelari merasakan kembali event lari setelah kondisi pandemi Covid-19.

Borobudur Marathon Menyapa bertempat di Kantor Pusat Bank Jateng (22/05/2022), dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Redaktur Pelaksana Harian Kompas Adi Prinantyo, dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An.

Borobudur Marathon Menyapa hadir untuk menyapa para pelari, sekaligus untuk mengomunikasikan tema, rencana dan harapan di tahun ini.

Setelah sukses menyelenggarakan Borobudur Marathon 2021, Borobudur Marathon 2022  Powered by Bank Jateng hadir kembali dan akan dilaksanakan Sabtu-Minggu, 12-13 November 2022 di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Tahun ini, mengusung tema Stronger to Victory atau menjadi lebih kuat untuk maju menuju kemenangan.

Tema ini merupakan lanjutan dari tema di tahun sebelumnya, yaitu Symphony of Energy atau kesatuan energi untuk terus bergerak maju.  Tidak terlepas dari dampak pandemi Covid-19 yang masih terasa meski perlahan-lahan membaik, tetapi tidak menjadi penghalang Borobudur Marathon 2022  Powered by Bank Jateng untuk terus bergerak, melainkan menjadi pemacu semangat untuk lebih kuat lagi, untuk terus maju menjadi lebih baik di masa depan.

Selaras dengan “Lelampah Pinuju Menang”, yang berarti perjalanan menuju kemenangan, mengajak semua elemen untuk bersama-sama merayakan kegigihan yang telah kita tunjukkan di tempat yang sudah akrab dengan kebersamaan yaitu Magelang.

“Tentunya ini merupakan event yang ditunggu. Menjadi usaha kita bersama-sama untuk menyehatkan tidak hanya raga tetapi menyehatkan kembali ekonomi, sosial, termasuk interaksi sosial pelari dengan masyarakat,” ucap Ganjar Pranowo.

Tahun ini Borobudur Marathon Elite Race 2022 akan digelar pada Sabtu, 12 November 2022. Sebanyak 55 atlet elite akan berlaga di rute marathon 42,195 kilometer, setelah sebelumnya melalui proses seleksi. 55 atlet elite wajib memenuhi kriteria sudah vaksin 3 kali. Atlet elite juga masih akan dikarantina untuk menjaga kesehatan, keselamatan dan memberikan ruang bagi atlet untuk mempersiapkan diri dengan maksimal.

Sesuatu yang baru hadir di Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng yang mengedepankan semangat untuk terus maju, hadirnya inovasi baru yaitu Borobudur Marathon Young Talent. Sebuah program talent scout, yang bertujuan untuk mengumpulkan potensi atlet muda dengan cut off time terbaik di setiap kota untuk nantinya berkompetisi dalam kategori 10 kilometer pada Sabtu, 12 November 2022. Hari kedua pada Minggu, 13 November 2022, pelari yang telah terdaftar dalam Bank Jateng Tilik Candi akan berlomba di rute half marathon 21,097  kilometer.

Penyelenggara telah mempersiapkan ketentuan dan detail informasi lainnya yang akan dikomunikasikan secara berkala kepada para pelari.

Akhir dari rangkaian event akan ditutup dengan Borobudur Marathon Fun Run, lari bersama sejauh 3 kilometer yang akan diikuti oleh 1.000 warga Magelang. Menghadirkan partisipasi masyarakat Magelang untuk berlari bersama, sebagai tanda apresiasi dan rasa terima kasih penyelenggara kepada masyarakat Magelang.

“Tentunya Magelang sudah siap menyambut pelari Magelang, warga sudah rindu,” terang Liem Chi An.

Partisipasi masyarakat Magelang juga diwujudkan dalam program Pawone, merangkul para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk ikut bergerak maju memenangkan hati konsumen dan melatih pelaku UMKM untuk menghadapi persaingan pasar. Pelaku UMKM terbagi menjadi dua yaitu kuliner dan kerajinan dan akan diikuti oleh puluhan peserta yang sudah tergabung di tahun sebelumnya dan yang baru bergabung dalam batch dua.

“Program olahraga sekaligus sebuah sport tourism yang akan berkolaborasi dengan UMKM, hingga nantinya bagaimana UMKM akan banyak turut andil di sini, melalui Pawone. Menampilkan UMKM sebagai sebuah kebanggan Bank Jateng dan Jawa Tengah. Kemenangan sudah ada di depan, akan kita sambut bersama di Borobudur Marathon,” jelas Supriyatno.

Selain itu penyelenggara telah mempersiapkan rangkaian acara untuk menyebarluaskan semangat dan merangkul lebih banyak lagi pelari dan masyarakat. Semangat untuk menjadi lebih baik, terlalu kuat untuk hanya berhenti di Magelang, untuk itu melalui Borobudur Marathon Friendship Run ingin membawa semangat itu ke kota-kota lain yaitu Semarang, Jakarta, Makassar dan Medan. Merangkul lebih banyak pelari, terselenggara di Medan mewakili Indonesia bagian barat dan Makassar mewakili Indonesia bagian timur.

Melalui dukungan penuh Bank Jateng serta kolaborasi Harian Kompas dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diharapkan tahun ini dapat semakin maksimal untuk menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat di Jawa Tengah. (cha)