Blusukan Turun Ke Lapangan, Bupati Purworejo Pimpin Gerakan Pungut Sampah Pantai Dewaruci

Bupati Purworejo Pimpin Gerakan Pungut Sampah Pantai Dewaruci
TERIMA. Bupati saat menerima bak sampah di sela kegiatan gerakan pungut sampah dunia yang digelar JCI dengan Pemkab Purworejo. (Foto lukman)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Dalam rangka Hari Gerakan Pungut Sampah Dunia (World Clean Up Day), Junior Chamber International (JCI) Chapter Yogyakarta bekerjasama dengan Pemkab Purworejo melakukan kegiatan bersih pantai Dewaruci di Desa Jatimalang, akhir pekan lalu.

Tampak hadir mengikuti acara tersebut diantaranya Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, Kepala Dinas LH Al Bambang Setyawan SSos, Plt Kepala Dinparbud Agung Wibowo AP MM, Forkopimcam Purwodadi, serta JCI Chapter Yogyakarta .

Dikatakan Bupati, dirinya menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Junior Chamber International (JCI) Chapter Yogyakarta serta semua pihak yang terlibat atas dilaksanakannya kegiatan World Clean Up Day di Pantai Dewaruci. Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi contoh yang baik sekaligus momentum untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap persoalan sampah, sehingga kebersihan lingkungan yang kita idam-idamkan bisa terwujud.

“Kita mengenal JCI sebagai organisasi pemuda non-politik dan non-sektarian, bagian dari organisasi kepemudaan internasional terbesar di dunia yang berafiliasi pada PBB,” ungkapnya.

Menurut Bupati, organisasi ini merupakan komunitas internasional berusia antara 18 sampai 40 dengan maksud dan tujuan untuk menciptakan perubahan positif di seluruh dunia. Salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan JCI adalah World Clean Up Day (Hari Gerakan Pungut Sampah Dunia), yang merupakan gerakan sosial dengan berbagai tujuan yang bermuara pada kesadaran bahwa lingkungan bersih sangatlah penting untuk masa depan yang lebih baik.

“Dan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat tentunya dibutuhkan kerjasama semua pihak. Sebab hanya dengan keterlibatan dan peran serta aktif seluruh komponen masyarakat, maka lingkungan bersih dan sehat yang kita idam-idamkan akan dapat terwujud,” pungkasnya.

Pada kegiatan ini selain membersihkan area pantai Dewaruci, Bupati juga menyempatkan untuk menanam pohon kelapa genjah  bersama warga di salah satu area pantai yang diharapkan akan semakin menambah nuansa asri pantai Dewaruci. (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  Tes Seleksi Kompetensi Bidang CPNS di Purworejo Ditinjau Bupati