Tribun Utara Diusulkan Tahun Ini

0
251
Tribun Utara Diusulkan Tahun Ini
TRIBUN UTARA. Pemkot Magelang tengah mengusulkan dana pembangunan tribun utara Stadion Moch Soebroto tahun ini.

MAGELANG UTARA – Stadion Moch Soebroto masih harus dikembangkan pembangunannya untuk menjadikan stadion itu bertaraf nasional. Satu hal yang tengah diusulkan adalah pembangunan tribun di sisi utara. Selain itu, pembangunan jalan lingkar stadion sehingga seluruh jalan di luar stadion pun dapat terhubung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, usulan sudah dikirimkan agar pembangunan mendapatkan dana dari ABPN maupun APBD Provinsi Jawa Tengah tahun ini. Diperkirakan untuk membangun tribun utara ini membutuhkan dana Rp25 miliar.

“Anggaran tersebut cukup besar, sehingga tidak realistis kalau berasal dari APBD Kota Magelang. Kami merasa perlu untuk mencari sumber pendanaan dari pihak lain, seperti dari Kementerian Pemuda dan Olahraga maupun Provinsi Jawa Tengah,” kata Joko, kemarin.

Ia mengatakan, pengembangan Stadion Moch Soebroto memang dilaksanakan secara berkesinambungan. Dimulai dari pembangunan tribun barat, tribun timur, dan terakhir tribun selatan.

“Itu sudah tertuang dalam rencana pembangunan jangka panjang dan menengah (RPJP) Kota Magelang di mana kawasan Sanden, akan menjadi sport centernya Kota Magelang, sebagai pemusatan kegiatan olahraga,” jelasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Magelang, Chrisatrya Yonas Nusantrawan Bolla menambahkan, Stadion Moch Soebroto sendiri mulai dibangun dari tahun 2008. Selanjutnya, pembangunan dilakukan secara berkesinambungan dan bertahap.

“Dari lapangan, kemudian dinding penahan tanah, lalu pembangunan tribun barat, timur, dan selatan. Tribun terakhir pelaksanaan pengerjaannya pada tahun 2016, di situ pemasangan dan pembangunan tribun selatan. Tahun sebelumnya tahun 2015, kami membangun atap tribun timur, dan lintasan atletik,” katanya.

Ketiga tribun yang sudah difungsikan, sehingga hanya menyisakan satu tribun lagi yang ada di sebelah utara, atau tribun utara. Tribun tersebut direncanakan mampu menampung sekitar 6.000 penonton. Secara keseluruhan, Stadion Moch Soebroto nantinya bisa menampung sekitar 24.000 ribu penonton.

“Pembangunan rencana dilaksanakan tahun 2020 mendatang. Pembangunan tribun utara nanti akan dilengkapi dengan bangku penonton, termasuk kursi VVIP, serta seluruh fasilitas yang ada di dalam tribun,” imbuh Kepala Bidang Cipta Karya, Puji Hartono.

Selain pembangunan tribun utara, Pemkot Magelang juga berencana membangun jalan lingkar stadion. Pembangunan ini menghubungkan seluruh track jalan di sisi luar tribun sehingga jalan terluar dari stadion dapat terhubung. “Kami juga mencoba membangun track jalan di sisi luar tribun utara. Jadi nanti ada jalan hubung, titik terluar dari stadion melingkar, supaya ketemu. Bisa jadi ke depan, dapat untuk pasar minggu pagi atau sunmor,” katanya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here