Tantangan Perawat Semakin Berat

0
159
Tantangan Perawat Semakin Berat
UCAP JANJI. Ratusan mahasiswa Fikes UM Magelang menjalankan tradisi ucap janji di Kampus 1, kemarin.

//102 Mahasiswa Fikes Jalani Ucap Janji//

MAGELANG SELATAN – Mahasiswa Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang melakukan Ucap Janji, Kamis (11/7). Acara bertajuk ”Mewujudkan Generasi Perawat Yang Islami, Inovatif, dan Kompetitif” ini digelar di Auditorium Kamus 1 UM Magelang.

Sebanyak 102 mahasiswa S1 dan D3 Keperawatan diambil sumpahnya. Sebelum bersumpah, terlebih dahulu ratusan mahasiswa ini mengikuti pembekalan yang berkaitan dengan kode etik, softskill, dan prinsip perawat dalam menjalankan tugasnya.

”Ucap janji merupakan kegiatan puncak yang dilakukan sebelumnya mulai tanggal 8 hingga 10 Juli sebelumnya berupa pembekalan dengan materi dari alumni, rumah sakit, dan motivator,” kata Dekan Fikes UM Magelang, Puguh Widiyanto MKep.

Puguh berharap mahasiswa Fikes dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat, meningkatkan kearifan, dan juga memberikan pengabdian yang terbaik dalam bidang keperawatan di masyarakat.

Ia juga memberi apresiasi kepada kepada mitra rumah sakit yang sudah turut membantu membimbing mahasiswa Fikes UM Magelang. Pembekalan yang telah dilakukan, lanjut dia, bertujuan untuk menumbuhkembangkan kesadaran akan kehidupan bermasyarakat.

”Ucap janji menjadi momen penting sekaligus jadi pengingat bahwa pendidikan keperawatan ini tak saja cukup dengan profesional saja, melainkan butuh semangat, keikhlasan pengabdian, serta dukungan dari berbagai pihak,” ujarnya.

Pada kesempatan itu turut dihadiri Kabid Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Manusia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, Yis Romadhon. Menurutnya, mahasiswa harus selalu mengedepankan profesionalisme ketika menjalankan tanggung jawabnya saat melayani masyarakat.

”Terlebih tantangan perawat ke depan akan semakin berat, persaingan semakin ketat, sehingga menuntut jiwa yang kompetitif serta profesionalisme yang tinggi, oleh karenanya bekerja berdasarkan SOP penting untuk diperhatikan,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UM Magelang, Dr Purwati MS Kons menegaskan bahwa mahasiswa keperawatan memiliki ciri khas yang berbeda dari perguruan tinggi yang lain. Hal tersebut harus selalu tercermin tidak hanya dalam penampilan tapi juga perilaku.

”UM Magelang memiliki visi misi menjadi universitas yang unggul dan islami, hal tersebut merupakan ciri khas yang harus tertanam pada diri setiap mahasiswa. Oleh karenanya penting setiap mahasiswa untuk mengasah kemampuan softskill-nya mulai dari kemampuan komunikasi hingga bersosialisasi dengan masyrakat, khususnya saat melayani pasien,” pungkasnya. (wid)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here