Taman Senopati Layak untuk ”Ngabuburit”

0
1253
Taman Senopati Layak untuk ”Ngabuburit”
BERFOTO. Sejumlah pengunjung Taman Bibit Senopati jadi wahana baru bagi masyarakat untuk ngabuburit sembari berfoto ria.

MAGELANG TENGAH – Taman Senopati atau Kebun Bibit Senopati, di Jalan Senopati Kota Magelang, masih menjadi primadona masyarakat di bulan suci Ramadan. Banyak kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa menggunakan kawasan taman tersebut untuk menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) pada Ramadan ini.

Sejak sore hari, taman yang diresmikan tahun 2016 ini, mampu menarik perhatian kalangan muda mudi untuk berfoto ria karena keindahan tamannya serta bunga-bunga yang tertata rapi. Ngabuburit di kawasan Kebun Bibit Senopati memang murah meriah. Untuk masuk, pengunjung tidak dikenai biaya.

Meski gratis, mereka bisa melihat pemandangan taman dengan aneka tanaman dan spot-spot menarik yang cocok untuk berselfie (swafoto).

Pantuan Magelang Ekspres, setiap hari banyak pengunjung terutama anak-anak muda yang datang ke tempat ini. Mereka menunggu adzan Maghrib sembari mengabadikan momen-momen tertentu, menggunakan kamera ponsel atau bahkan DLSR.

Salah seorang warga asal Cacaban, Luiz Lazuardi (32) mengaku, Senin (6/5) sore harinya ia habiskan untuk ngabuburit di Kebun Bibit Senopati. Ia memilih untuk mengisi ngabuburit dengan membidik gambar tanaman maupun objek hidup di kawasan itu.

”Saya punya hobi hunting foto. Di tempat ini lumayan, bisa dapat gambar yang menarik. Apalagi kalau cerah, monumen alam berupa Gunung Sumbing dan perbukitan tinggi di ujung barat terlihat jelas,” katanya.

Melihat matahari terbenam ketika bulan Ramadan, kata dia, menjadi objek yang paling diburu pecinta fotografi. Dia mengatakan, menunggu waktu berbuka puasa sambil mengobrol bersama kawan-kawan tidak terasa sampai saat adzan Maghrib telah tiba.

”Sering tidak kerasa, ternyata ini sudah bedug (buka puasa),” akunya.

Menurut dia, keberadaan kebun holtikultura di Kota Magelang ini dirasakan sangat bermanfaat, selain dapat memenuhi permintaan tanaman hias, taman itu juga dapat dijadikan objek ”ngabuburit” jelang Maghrib.

Selain taman kebun bibit, Kota Sejuta Bunga juga masih punya beberapa tempat menarik untuk dijadikan ngabuburit. Selain Alun-alun sebagai pusat kota yang setiap bulan Ramadan dibanjiri pengunjung, taman-taman lain pun tak kalah ramai.

Seperti yang terjadi di Taman Trunan, Jalan Jenderal Sudirman, Taman Lansia, Jogging Track Kali Kota, Taman Badakan, dan tempat lainnya yang cocok untuk menunggu adzan Maghrib berkumandang.

”Area Taman Trunan sangat cocok untuk menikmati pemandangan dan aroma kesejukan di dalam taman sambil menunggu bedug. Sekarang ramai terus di sini (Taman Trunan),” ucap Andi (24), salah seorang pengunjung.

Hanya saja di sejumlah kawasan yang sangat cocok dengan viral para remaja saat ini yakni berfoto selfie, disayangkan karena belum memiliki pusat kuliner sendiri. Lantas, ketika adzan berkumandang, para pengunjung pun harus berlari-larian mencari makanan untuk membatalkan puasa mereka.

”Kadang juga lari-lari nyari tempat makannya. Tapi sekarang cenderung bawa bekal sendiri saja. Lebih praktis,” ungkap Listiyanti (28) pengunjung lainnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here