Suami Istri Peroleh Penghargaan Presiden

0
233
Suami Istri Peroleh Penghargaan Presiden.
Suami Istri Peroleh Penghargaan Presiden

PRESIDEN Republik Indonesia Joko Widodo memberikan penghargaan tertinggi Satyalencana Pembangunan (SP) kepada Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP, dan penghargaan Satyalencana Wira Karya (SWK) kepada Christanti Handayani Zaenal Arifin, SE Ketua TP. PKK Kabupaten .

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  ( PMK ) Puan Maharani  pada Puncak  Acara Hari Keluarga Nasional ke XXVI yang berlokasi di Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ) Banjarbaru, Sabtu ( 6/7)..

Penghargaan diberikan setelah dilakukan penilaian dan verivikasi lapangan yang dilakukan oleh Tim Peninjau Lapangan Calon Penerima Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wirakarya Tahun 2019 dari Sekretariat Negara, pada tanggal 9 April 2019 yang lalu.

Berdasarkan penilaian, Bupati Magelang dinilai mempunyai komitmen yang tinggi terhadap program KKBPK di Kabupaten Magelang sehingga bersama 17 Bupati/Walikota lainnya mendapatkan penghargaan Satyalencana Pembangunan.

Untuk Provinsi Jawa Tengah yang mendapatkan penghargaan SP adalah Bupati Magelang dan Bupati Blora. Sedangkan Ketua TP. PKK Kabupaten Magelang Cristanti Handayani Zaenal Arifin  juga dinilai mempunyai komitmen dan prestasi dalam bidang KKBPK dengan berhasil mengajak dan mempengaruhi masyarakat untuk menyukseskan program KB melalui kegiatan terpadu di Kampung KB, kegiatan di Puskesmas khususnya IVA Test, penyuluhan dan lain-lain, yang berpengaruh langsung terhadap kesehatan Ibu dan Anak serta berhasil menjuarai lomba-lomba kegiatan KB di tingkat Provinsi. sehingga bersama 3 Ketua TP. PKK lainnya yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Karanganyar mendapatkan penghargaan SWK.

Satyalencana Pembangunan (SP) adalah tanda kehormatan tertinggi dari Presiden Republik Indonesia yang diberikan kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota yang berkomitmen, berjasa dan berprestasi dalam pelaksanaan program KKBPK di wilayahnya. Sedangkan Satyalencana Wira Karya (SWK) adalah tanda kehormatan dari Presiden Republik Indonesia yang diberikan kepada perorangan yang berjasa, berprestasi, berkomitmen, dan memberikan darma baktinya yang besar kepada Negara dan Bangsa Indonesia, khususnya dalam pelaksanaan Program KKBPK di wilayahnya, sehingga dapat dijadikan panutan dan teladan bagi orang lain.

Puan Maharani meminta agar peringatan  Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) tidak hanya dilaksanakan sebagai seremonial nan megah semata  namun juga harus konkrit.serta bertujuan memberikan motivasi kepada masyarakat bahwa keluarga merupakan pondasi penting guna membangun keluarga sejahtera.

Untuk dapat membangun keluarga dan kependudukan Indonesia, dibutuhkan peran aktif seluruh pihak baik anggota keluarga, masyarakat dan pemerintah “ mari bergotongn royong mengambil peran dan tanggung jawab untuk mewujutkan keluarga Indonesia keluarga yang tenteram, sejahtera dan berbudaya “ kata Puan.

Kabag Penganugerahan Kemensesneg RI Erwan Hartono saat datang pada pada bulan April Lalu mengatakan baru kali ini pihaknya melakukan penilaian terhadap Bupati sekaligus istrinya terkait pembangunan di Kabupaten Magelang.

Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP  mengaku merasa bersyukur atas penghargaan yang diterimanya, namun tentunya kerja keras tidak hanya sampai pada penghargaan ini saja.

Menurutnya ada atau tidak ada penghargaan sudah menjadi kuwajibanya untuk terus melakukan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang kedepan harus terus semakin lebih baik lagi.

Retno Indriastuti Kepala Dinsos PPKB PPPA mengatakan rangkaian peringatan Harganas XXVI Tingkat Kabupaten Magelang tahun 2019 sudah dimulai pada tanggal 4 April 2019 melalui Lomba KB Pria, KB Lestari dan Bidan Mandiri.  Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Dialog Interaktif sosialisasi pendewasaan usia perkawinan dan 1000 HPK, Peran Anak sebagai Pelopor dan Pelapor pada tanggal 20 Juni 2019. Seminar Kesehatan Reproduksi dan Hak Reproduksi pada tanggal 25 Juni 2019. Road show Mupen dan Motor oleh seluruh PLKB dan Bhaksos Pelayanan Lansia dan Balita bersamaan dengan pelayanan KB Kes Bhayangkara pada tanggal 2 Juli 2019. Sosialisasi System Informasi Keluarga (SIGA) dan Desiminasi Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI) pada tanggal 4 Juli 2019. Gerak Jalan Sehat PLKB bersama PPKBD dan Sub PPKBD pada tanggal 12 Juli 2019. Puncak peringatan HARGANAS pada tanggal 18 Juli 2019 dalam Seminar Hari Keluarga dengan Tema “Keluarga Yang Berkualitas Wujudkan Anak Yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Religius dan Trampil) Menuju Magelang Sedaya Amanah.(advetorial humas Kabupaten Magelang )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here