PPDB Ditutup, 2 SMP Belum Penuhi Jumlah

0
815
PPDB Ditutup, 2 SMP Belum Penuhi Jumlah
PPDB. Orang tua dan calon peserta didik berdesak-desakan mendaftarkan putra-putrinya di PPDB SMP negeri yang diinginkan.

MAGELANG TENGAH – Sebanyak 2 SMP Negeri di Kota Magelang masih belum bisa belum memenuhi target siswa yang ditetapkan. Padahal penerimaan peserta didik baru (PPDB) sudah ditutup.

Kedua SMP negeri yang kekurangan siswa ini memiliki lokasi yang strategis di wilayah kota. Kedua SMP ini adalah SMP N 11 Kota Magelang dan SMP N 13 Kota Magelang. Jumlah kekurangan siswa untuk SMP N 11 Kota Magelang masih 97 siswa dan SMP N 13 Kota Magelang masih kurang 8 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Taufiq Nurbaqin meminta kepada pihak sekolah untuk memberikan pengertian kepada wali murid yang anaknya belum ke terima untuk mendaftarkan ke sekolah yang masih kekurangan siswa. “Sejauh ini masih banyak orang tua yang masih kurang memahami, mereka cenderung mendaftarkan ke sekolah-sekolah tertentu padahal pada sistem zonasi ini diharapkan semua anak akan mendapatkan pembelajaran yang sama dan merata,” paparnya.

Bagi sekolah yang masih kekurangan siswa diperbolehkan membuka pendaftaran gelombang ke 2. Taufiq mengaku antusiasme pendaftaran ini tetap akan mengutamakan berbagai aspek untuk zonasi selain lokasi tempat tinggal juga mengutamakan segi usia. “Jadi yang lebih tua diutamakan dulu karena mereka lebih berhak baru pendaftaran,” ujarnya.

Pemberlakukan zonasi ini dapat kelonggaran pada sistem pendaftaran. Salah satunya dengan memperluas area zonasi. Harapannya dengan zona yang semakin luas, setiap sekolah mudah mendapatkan siswa. (hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here