Peserta Kompetisi Roket Air Meningkat 100 Persen

0
762
Peserta Kompetisi Roket Air Meningkat 100 Persen
KOMPETISI. Pemkot Magelang melalui Balitbang akan kembali menggelar kompetisi roker air yang sudah menjadi agenda tahunan.

//Bakal Digelar Bakorwil 20 Juni//

MAGELANG SELATAN – Ratusan peserta dari kalangan pelajar SMP/sederajat bersiap uji kemampuan dalam Kompetisi Roket Air (KRA) tahun 2019. Kompetisi tahunan ini akan dilangsungkan di Bakorwil eks-Karesidenan Kedu, Kamis (20/6) nanti.

Ketua Panitia KRA 2019, Catur Adi Subagyo mengatakan, tahapan demi tahapan menuju hari H kompetisi sudah dilakukan sejak bulan Februari-Maret lalu. Saat ini giliran para peserta menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk menjadi yang terbaik di tingkat Kota Magelang.

Ia menyebutkan bahwa ada sekitar 209 peserta dari 23 SMP/sederajat yang sudah terdaftar. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya sekitar 100 peserta dari 21 sekolah.

“Para peserta ini Maret lalu sudah mengikuti workshop dengan narasumber dari Taman Pintar (Tampin) Jogjakarta,” katanya, Senin (17/6).

Ia menjelaskan KRA bertujuan menumbuhkembangkan budaya IPTEK bagi masyarakat. Khususnya minat anak dan generasi muda terhadap sains melalui imajinasi, percobaan, dan permainan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.

“Baru tahun ini kita menggandeng Taman Pintar Yogyakarta yang memiliki pengalaman lebih.Tim dari Taman Pintar juga nanti yang akan menilai hasil lomba,” imbuh Catur yang juga Kabid Pengembangan dan Harmonisasi Inovasi Balitbang Kota Magelang itu.

Kepala Sub Bidang Pengembangan dan Penerapan Iptek Balitbang Kota Magelang, Yetty Setiyaningsih menambahkan, tidak hanya kompetisi roket, dalam momen ini juga akan diwarnai berbagai kegiatan pendukung. Di antaranya menampilkan simulator pilot pesawat tanpa awak.

“Peserta atau pengunjung bisa bebas mencoba belajar menerbangkan pesawat tanpa awak dengan simulator di televisi. Lalu ada FPV/kacamata pilot drone yang bisa membuat pengunjung merasakan sensasi menjadi pilot drone,” jelasnya.

Selain itu, kata Yetty, akan turut diharidkan antara lain balap mini drone dengan arena yang menantang, pojok kreativitas dan demo sains, alat-alat peraga dari Taman Pintar, kelas mini membatik, dan lomba fotografi. Rangkaian kegiatan itu akan tersaji dan dinikmati pengunjung dari pukul 08.00 WIB sampai 16.30 WIB.

“Untuk lomba fotografi bisa mendaftar melalui google form yang bersifat umum dan gratis. Peserta bebas memotret apapun yang ada di dalam event ini dan foto-fotonya diunggah di media sosial Instagram. Hadiahnya lumayan, jutaan rupiah,” tuturnya.

Menurut dia, kegiatan pendukung yang cukup banyak ini tak lain untuk memberikan pengalaman berbeda kepada para peserta lomba maupun pengunjung secara umum. Sebab, ada yang belum pernah merasakan menjadi pilot drone dan di sini nanti bisa langsung merasakannya.

“Kegiatan-kegiatan pendukung ini juga dalam rangka apresiasi budaya Iptek di semua kalangan masyarakat. Inilah teknologi yang sedang berkembang saat ini, semoga menjadi pengalaman berarti bagi semua pihak,” pungkasnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here