MAGELANG TENGAH – Tempat wisata Taman Kyai Langgeng (TKL) yang berada di pusat Kota Magelang tetap menjadi idola masyarakat dalam dan luar Kota Magelang. Pada momen libur hari raya Lebaran 1440 H lalu, jumlah kunjungan wisatawan ke perusahaan daerah itu tembus di angka 51.000 pengunjung.

Kabag Operasional dan Teknik, Perusahaan Daerah Objek Wisata (PDOW) TKL, Slamet Maryono mengatakan dibandingkan dengan libur Lebaran tahun lalu, kunjungan tahun ini meningkatkan sekitar 1.000 orang. Menurutnya, tingginya animo masyarakat datang ke TKL tidak terlepas dari upaya dan strategi yang ditempuh manajemen.

”Wahana terus ditambah di antaranya sekarang ada dragon coaster, waterpark, waterball, sepeda layang, ayunan langit, boom-boom car, dan yang terbaru adalah jurangkoco. Wahana anyar ini, belum begitu banyak diketahui masyarakat,” katanya, Rabu (19/6).

Menurutnya, ramainya kunjungan selalu terjadi pada hari libur nasional. Termasuk pada hari raya Idul Fitri tahun ini. Pengunjung tak hanya dari Kota Magelang, karena sebagian dari mereka justru berasal dari luar kota yang tengah singgah di Magelang.

”Kebanyakan adalah rombongan keluarga memakai kendaraan kecil. Kalau yang rombongan, biasanya dari sekolah-sekolah. Kami prediksi kalau rombongan dari sekolah akan berkunjung ke TKL saat libur panjang nanti,” ujarnya.

Ia menambahkan, jumlah kunjungan yang mencapai 51 ribu itu, terhitung sejak dikeluarkan paket Lebaran mulai 5 Juni hingga 16 Juni lalu. Khusus paket Lebaran, manajemen TKL menerapkan tuslah atau kenaikan tiket sebesar Rp35 ribu per orang, dari harga normal Rp30 ribu per orang.

Ia mengaku, pihaknya sudah berusaha keras agar taman wisata milik Pemkot Magelang ini terus ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar kota. Bahkan, khusus di libur Lebaran ini sampai menghadirkan hiburan tambahan berupa pentas musik dan seni tradisional.

Meski sudah berakhir paket Lebaran di Taman Kyai Langgeng, pemandangan antrean panjang masih terlhat jelas. Tidak hanya itu, antrean juga terlihat di area masuk tiap wahana permainan dan kawasan wisata seperti Cinema 6 Dimensi, Bianglala, Becak Air, Bom-bom Car, Sepur Mini, Kereta Air, Becak Mini, dan Komidi Putar.

”Yang masih menjadi primadona masyarakat adalah wahana Waterpark. Hampir tiap hari, selalu dipadati pengunjung,” paparnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here