Pemkot Magelang “Hartrick” Peroleh WTP

    0
    4006
    Pemkot Magelang Hartrick Peroleh WTP
    WTP. Pemkot Magelang kembali memperoleh opini WTP dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018.

    MAGELANG SELATAN – Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018 kembali diraih Pemkot Magelang. Ini merupakan Opini WTP ketiga atau hatcrik bagi Pemkot Magelang sejak tahun 2017 di bawah kepemimpinan Walikota Magelang Sigit Widyonindito.

    Walikota menerima langsung penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Ayub Amali, di Semarang, Selasa (28/5).

    Perolehan opini WTP ini membuktikan bahwa keuangan daerah Kota Magelang telah dikelola secara profesional, efektif, dan efisien. Selain itu, juga telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah, memenuhi aspek kewajaran dan kecukupan dalam pengungkapan, kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan dan efektivitas pengendalian internal.

    “Perolehan opini WTP ini merupakan kehormatan dan penghargaan yang perlu disyukuri bersama,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang, Larsita, usai menerima LHP LKPD di gedung kantor BPK RI perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Semarang.

    Namun di sisi lain, lanjutnya, perolehan ini membawa konsekuensi Pemkot Magelang untuk selalu meningkatkan pengelolaan keuangan dan aset secara tertib, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel dengan menerapkan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan dan aset daerah yang baik sesuai undang-undang.

    Larsita mengungkapkan pemerintah selama berkomitmen untuk terus menyempurnakan tata kelola aset daerah dengan baik, terkait perangkat lunak (regulasi), dan perangkat kerasnya. Disamping juga penguatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) pengelola barang di semua organisasi perangkat daerah (OPD).”Termasuk pengembangan aplikasi untuk menatausahakan aset daerah,” imbuhnya.

    Walikota Magelang Sigit Widyonindito, berharap prestasi ini bisa dipertahankan di tahun-tahun berikutnya. Oleh karena itu, ia mendorong kerja sama dan komitmen seluruh elemen Pemkot Magelang serta meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.”Ini perolehan yang membutuhkan kerja keras dan sinergitas semua pihak, terutama dalam pengelolaan keuangan daerah. Sejak awal tahun 2017 ini, perbaikan laporan terutama masalah aset ini terus diprioritaskan. Tahun-tahun ke depan harus ditingkatkan,” ucapnya. (wid)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here