Pemandian Simpleng, Potensi Wisata Baru di Temanggung

0
786
Pemandian Simpleng, Potensi Wisata Baru di Temanggung
PADATI. Ratusan warga memadati kolam pemandian di Desa Gondosuli Kecamata Bulu, kemarin.

TEMANGGUNG – Meskipun termasuk obyek wisata baru, namun Pemandian Simpleng di lereng Gunung Sumbing tepatnya di Desa Gondosuli Kecamatan Bulu Temanggung sudah mulai dipadati oleh pengunjung.

Bersamaan dengan Syawalan (perayaan Idul Fitri ke tujuh), Bupati Temanggung M Al Khadziq meresmikan pemandian yang berlatarkan pemandangan Gunung Sumbing ini.

“Sebenarnya pembangunannya sudah selesai sejak menjelang Ramadan lalu, namun baru diresmikan sekarang,” kata Kades Gondosuli M Arifin, Rabu (12/6).

Ia menjelaskan, sebelum diresmikan oleh Bupati, pemadian yang dibangun dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini sudah mulai beroperasi. Pengunjung juga sudah mulai bisa menikmati dinginnya air pemandian.

“Kurang lebih sudah satu bulan beroperasi, animo masyarakat juga cukup tinggi, sebab selama ini belum ada pemandian di wilayah Kecamatan Bulu,” terangnya.

Pemandian Simpleng berdiri di atas lahan bengkok desa seluas 3.000 meter persegi dan mulai dibuka pada sebelum Ramadan. Hingga kini pendapatan dari tiket telah mencapai di atas Rp12 juta.

“Musim libran Lebaran ini banyak pengunjung yang datang,” terangnya.

Secara keseluruhan luas bengkok desa di kawasan daerah tersebut 1,5 hektar. Lahan yang kini belum termanfaatkan ke depan akan dibangun untuk cabang usaha lainnya dari BUMDes, seperti gedung pertemuan, wahana permainan air, pasar seni, rumah makan dan kolam pemancingan.

“Usaha ini untuk menggali potensi desa dan peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Arifin berharap, Pemkab Temanggung bisa menganggarkan dana guna membantu pengembangan obyek wisata tersebut. Selama ini dana yang dikucurkan baru dari Dana Desa yang didapat sebesar Rp600 juta pada tahun 2019. Diperkirakan butuh dana Rp3 miliar untuk menyelesaikannya sesuai dengan master plan.

“Harapan kami ada suntikan dana dari pemerintah daerah, sehingga rencana pembangunan obyek wisata di desa kami bisa segera terealisasi,” harapnya.

Sementara itu Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan Pemandian Simpleng sebagai satu-satunya obyek wisata air yang berhasil dibangun dengan menggunakan dana desa di Temanggung. Diharapkan bisa dikembangkan lagi dan menjadi tujuan wisata masyarakat sekitar.

“Anak senang dan orang tua riang dan masyarakat Gondosuli senang pula karena bisa mendapat uang,” katanya.

Dia mengatakan dengan adanya pengunjung bisa saling berinteraksi dan transaksi. Muncul ide-ide yang inovatif dan berdampak positif bagi warga.

“Produk desa bisa terjual dan mendatangkan uang serta kesejahteraan pada warga,” katanya.

Dia berharap ada perencanaan yang matang dan ide inovatif untuk mempertahankan dan meningkatkan pengunjung ke obyek wisata tersebut, sehingga rupiah yang diinvestasikan tidak percuma tetapi menguntungkan.

“Masyarakat harus kreatif, ini salah satu ide kreatif yang bisa terus dikembangkan,” katanya. (set)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here