Lepas Karantina, 68 Paskibraka Siap Bertugas

0
162
Lepas Karantina, 68 Paskibraka Siap Bertugas
Lepas Karantina, 68 Paskibraka Siap Bertugas

Sebanyak 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari 34 provinsi di Indonesia siap bertugas saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus 2019.

“Hari ini (kemarin, red) masa orientasi sudah dilaksanakan di Istana Merdeka. Mereka sudah melakukan observasi lokasi dengan memperhatikan titik-titik mana mereka akan bertugas nantinya,” kata Pembina Paskibraka Nasional Eka Imelda Novitasari disapa Ophy dihubungi di Jakarta, kemarin (15/8).

Ophy menjelaskan Paskibraka itu tiba di Jakarta sejak 25 Juli 2019. Pemusatan latihan secara intesif telah dilakukan, hingga latihan gabungan bersama peserta upacara yakni TNI dan Polri sudah dilaksanakan di Cibubur.

Para Paskibraka akan memulai kegiatan gladi pada 13 Agustus 2019 yakni gladi kader, gladi kotor hingga gladi bersih pada 15 Agustus 2019. Sampai saat ini semuanya sehat dan baik-baik saja, dan insya Allah mereka semua dapat bertugas dengan baik, kata Purna Paskibraka Indonesia (PPI ) angkatan 1990 itu.

Terkait dengan tugas masing-masing Paskribaka saat pelaksanaan upacara, belum disampaikan siapa yang bertugas untuk pasukan pagi ataupun sore hari. “Siapa jadi komandan pasukan hingga pembawa baki bendera, nanti ditentukan 17 Agustus 2019 sekitar pukul 7 pagi, karena mereka bertugas pukul 10 pagi,” jelasnya.

Selama masa karantina, para Paskibraka tidak diperkenankan menggunakan alat-alat komunikasi, untuk sementara waktu disimpan oleh para pembina hingga tugas mereka selesai. Tetapi, para Capaska diizinkan untuk bertemu keluarga selama waktu karantina, di mana waktu kunjungan minimal seminggu sekali. Orang tua mereka juga diundang untuk menghadiri upacara di Istana Merdeka, ujar Ophy.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menghadiri Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019. Dalam acara yang diselenggarakan di Istana Negara, itu, Paskibraka mengucapkan ikrar di hadapan bendera Merah Putih.

“Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2019. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” demikian Presiden dalam pengukuhan itu.

Presiden yang bertindak sebagai pembina upacara juga memasangkan kendit kepada pemimpin upacara sebagai simbolis pengukuhan. Perhelatan itu dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta mengheningkan cipta.

Sejumlah nama-nama dalam Paskibraka yakni M. Faris Abqari, Indrian Puspita Rahmadhani, Arya Juna Fathan, Sylvia Kartika Putri, Roni Kurniawan, Ratih Biguna Lenadtri, Muhamat Asraf, Tri Setya Negara Putri, Muhammad Pazi, Wiwik Yulianti, Gusnadi, Suci Ayuni, Dimas Triyono Putra, Dini Damayanti, Catarino Jorge Fernandes..

Acara itu juga dihadiri oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (ful/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here