Kendala Teknis Warnai UNBK Hari Pertama

0
127
Kendala Teknis Warnai UNBK Hari Pertama
UNBK. Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Magelang yang sempat mengalami kendala hingga mundur dua jam, kemarin.

MAGELANG TENGAH – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA, Senin (1/4) di Kota Magelang diwarnai kendala. Masalahnya, siswa tidak bisa login sehingga pelaksanaan UNBK untuk satu ruangan ujian pun terpaksa diundur hingga pukul 10.30 WIB.

Salah satu peserta UNBK di SMAN 1 Magelang, Marthania Mahanan mengatakan bahwa dirinya baru selesai mengerjakan ujian akibat adanya gangguan. Padahal mestinya dia ujian pada sesi kedua yang dilaksanakan pada pukul 10.30 namun diundur hingga pukul 13.15 WIB.

“Lama nunggunya. Keganggu juga, soalnya kan juga mempengaruhi. Deg-degan juga saat akan mengerjakan, takut mengalami kendala juga,” kata siswa kelas XII IPS 2 tersebut.

Hal yang sama juga dikatakan rekannya, Nissa Alisfa. Dia mengaku sempat khawatir dengan adanya pemunduran jadwal ujiannya yang semula sesi kedua pukul 10.30 menjadi 13.15 WIB.

“Terus terang khawatir dan deg-degan juga, takut mengalami kendala juga. Terus terang waktunya yang mundur, mengganggu jadwal belajar saya. Harusnya tadi selesai sesuai jadwal, saya pulang dan langsung belajar untuk hari kedua yakni Matematika. Jadi keganggu,” ucapnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Magelang sekaligus Kepala SMAN 1 Magelang, Sucahyo Wibowo, membenarkan bahwa kendala terjadi pada pelaksanaan UNBK di hari pertama mapel Bahasa Indonesia sesi pertama untuk satu ruangan. Sedangkan dua ruangan lainnya, tidak bermasalah.

“Untuk ruangan yang bermasalah, kami geser waktunya. Harusnya ujian sesi pertama dimulai pukul 07.30 kita geser jadi sekitar pukul 10.00 WIB. Hanya itu saja, cuma memang untuk yang sesi ketiga, selesainya sampai sore, sekitar pukul 17.00-18.00 nanti,” ungkapnya.

Sucahyo tidak mengetahui secara pasti penyebab masalah tersebut. Ia menilai masalah itu karena hardware komputer. Sebab setelah diperbaiki, komputerpun dapat digunakan.

“Hingga saat ini, belum ada laporan masalah di sekolah lain. Sepertinya semua lancar, hanya di kami yang sempat terkendala. Semoga besok tidak ada masalah lagi,” tandasnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here