Banyak Ditemukan Hewan Kurban Mengandung Cacing Hati

0
228
Mengandung Cacing Hati
CACING HATI - Tim pemantau hewan kurban dari Dinperpa Kota Pekalongan menemukan beberapa hewan kurban yang hatinya mengandung cacing

KOTA – Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menemukan beberapa hewan kurban yang terkena cacing hati.

Misalnya saja dalam pantauan yang dilakukan sejak Minggu (11/8) hingga Senin (12/8) di 2 sampai 3 sekolah di Kecamatan Pekalongan Utara yang melaksanakan pemotongan hewan kurban, ada temuan 4 sampai 5 ekor hewan kurban yang hatinya terdapat cacing.

Sebagaimana yang disampaikan tim pemantau hewan kurban di Kecamatan Pekalongan Utara, drh Bintang Perkasa Bramanto, Senin (12/8). Pihaknya menemukan ada hewan kurban yang hatinya mengandung cacing hati, dengan tingkat kerusakan antara 5% hingga 95%.

“Jika dilihat dari penampang luar hewan tentu sulit dilihat apakah mengandung cacing hati atau tidak. Jadi memang harus dilihat dengan membelah hati. Kalau ditemukan kerusakan 10%, hati yang ada cacingnya dikubur. Tapi kalau kena 95% maka dikubur semuanya karena tidak layak untuk dibagikan,” ungkapnya.

Dia menambahkn, pemantauan yang dilakukan oleh Dinperpa ini sekaligus sosialisasi kepada masyarakat agar lebih jeli dan memperhatikan bagian dari hewan kurban yang akan dibagikan.

Untuk pemantauan ke sekolah-sekolah ini, pihaknya mendatangi sejumlah sekolah di Kecamatan Pekalongan Utara yakni SMAN 2 Pekalongan, SMAN 3 Pekalongan, SMPN 1 Pekalongan, SMPN 2 Pekalongan, SMPN 8 Pekalongan serta SMP dan SMK swasta di Kecamatan Pekalongan Utara.

Sementara, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 8 Pekalongan, Muhammad Himawan mengaku akan mengubur hati hewan qurban yang ada cacingnya.

“Pemeriksaan tadi menunjukkan kepada guru dan para siswa agar lebih waspada terhadap cacing pada hati sapi dan kambing. Harapannya kurban ke depan dapat mengaplikasikan pemeriksaan hati sapi atau kambing, bagi guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) juga bisa praktik pengecekan ada tidaknya cacing pada hati,” jelas Himawan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa Kota Pekalongan, Ilena Palupi Spt MSi menjelaskan pada Senin (12/8) pihaknya memfokuskan pemantauan dan pemeriksaan postmortem hewan kurban di sekolah. Pasalnya pada hari Senin ini sekolah di Kota Pekalongan rata-rata melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Ilena menyampaikan bahwa Dinperpa Kota Pekalongan telah menerjunkan tim pemantau hewan kurban sebanyak 25 orang yang terbagi dalam empat tim di tiap-tiap kelurahan di Kota Pekalongan.(way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here