Bersihkan Sisa-sisa Kerusakan Akibat Puting Beliung di Mertoyudan Magelang

PUTING BELIUNG. Warga dan petugas melakukan pembersihan lokasi pohon tumbang akibat hujan angin pada Senin (28/3/2022).
PUTING BELIUNG. Warga dan petugas melakukan pembersihan lokasi pohon tumbang akibat hujan angin pada Senin (28/3/2022).

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin puting beliung menimpa rumah warga pada Senin 28 Maret 2022 di wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Menyikapi bencana tersebut, Danramil 11/ Mertoyudan Kapten Arm Mashudi Pitoyo menerjukan personel dari Koramil bersama Polsek Mertoyudan BPBD untuk membantu mengevakuasi dan membersikan sisa-sisa kerusakan yang diakibatkan angin puting beliung, Selasa (29/3/2022)

Kapten Arm Mashudi Pitoyo menuturkan, personel TNI-POLRI dan BPBD bersama Kades Mertoyudan dan masyarakat gotong royong menurunkan atap genteng dan asbes yang menimpa rumah agar tidak menimbulkan bahaya lain dan rumah yang tertimpa atap dapat segera diperbaiki.

“Kami bersama-sama instansi terkait membantu masyarakat bergotong royong membersihkan dan menurunkan atap genteng dan asbes yang terangkat terbawa angin puting beliung dan menimpa rumah warga,” tutur Kapten Pitoyo.

Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Polri TNI dan Pemerintah setempat dalam meringankan beban warga masyarakat yang terdampak bencana alam angin puting beliung.

“Ini merupakan kepedulian Anggota Koramil dan rasa empati yang tinggi kepada warga yang sedang terkena bencana alam puting beliung. Selain itu kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah ikut bersama gotong royong,TNI dalam hal ini seluruh anggota yang telah turun ke lokasi dan membantu perbaikan rumah yang terkena angin puting beliung,” imbuh Mashudi Pitoyo.

Sementara itu Kades Desa Mertoyudan Eko Sungkono menghimbau kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam yang datangnya tidak terduga, mengingat sekarang ini cuaca yang tidak menentu.

Adapun data dampak pohon tumbang dari Damkar Kabupaten Magelang terkait Bencana Hidrometeorologi di wilayah Kabupaten Magelang pada Senin, 28 Maret 2022.

Terjadi hujan deras disertai angin kencang melanda di wilayah Kabupaten Magelang menimbulkan dampak kejadian pohon tumbang di beberapa titik, antara lain, Kecamatan Bandongan Dusun Jati, Desa Tonoboyo, Dusun Kebonagung, Desa Tonoboyo, Jl. Raya Sleker Jangkungan, Dusun Paingan Desa Trasan, Dusun Kebonagung Desa Tonoboyo.

Kecamatan Tegalrejo, Dusun Suruhan Desa Tampingan. Kecamatan Candimulyo Dusun Gandek Desa Tempak. Kecamatan Mertoyudan Dusun Prajenan Desa Mertoyudan, Jl. Mayjen Bambang Soegeng Desa Mertoyudan, Dusun Banyakan Desa Mertoyudan.

“Telah dilakukan penanganan Pembersihan lingkungan terdampak, Pemotongan pohon tumbang, pembersihan jalan oleh Damkar Kabupaten Magelang bersama relawan dan Masyarakat, sehingga jalan dapat di lewati kembali,” tutur Kepala UPT Damkar Kabupaten Magelang, Didik Wahyu Nugroho. (cha)