Bermodal Rekaman Suara, Polsek Kajoran Ringkus Pencuri HP dan Uang

PENCURIAN. Unit Reskrim Polsek Kajoran, Polres Magelang amankan Pelaku pencurian dompet dan HP di wilayah hukum Kecamatan Kajoran.
PENCURIAN. Unit Reskrim Polsek Kajoran, Polres Magelang amankan Pelaku pencurian dompet dan HP di wilayah hukum Kecamatan Kajoran.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Dengan mengenali rekaman suara pelaku, Unit Reskrim Polsek Kajoran Polres Magelang berhasil mengungkap kasus pencurian dompet berisi uang dan handphone milik seorang petani cabai. Terduga pelaku adalah WD (23) warga Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang. Ia berhasil diringkus usai meminta tebusan terhadap korban melalui telepon.

Kapolsek Kajoran, Iptu I Wayan Sukadana mengungkapkan, kejadian pencurian pada Rabu (23/6/2021) lalu di ladang cabai milik pasangan suami istri Kamaludin dan Munairoh, warga Dusun Melatisari, Desa Sidowangi, Kecamatan Kajoran, Magelang.

“Pada waktu itu sekitar pukul 08.30 WIB korban sampai di ladang kemudian meletakkan dompet yang berisi dua HP merk SIOMI dan OPPO serta uang tunai sebesar Rp 500.000 di bawah pohon cabai pinggir lading. Selanjutnya korban mencangkul sedangkan isterinya merawat tanaman cabai, mengikat tanaman cabai,” ungkap Iptu I Wayan Sukadana, Jumat (13/8/2021).

Sekitar pukul 10.30 WIB istri Korban (Munairoh) bermaksud untuk mengambil HP, yang dimasukkan ke dalam dompet. Namun, saat sampai di tempat, dompet tersebut sudah tidak ada.

“Dikarenakan pencurian tersebut, korban mengalami kerugian Rp 4.000.000. Selanjutnya korban melaporkannya ke Polsek Kajoran,” terang Wayan.

Namun pada Kamis (24/6/2021) Pelaku menghubungi korban melalui HP dengan niat meminta tebusan. Pada saat itu korban sengaja merekam suara pelaku yang meminta sejumlah uang.

“Selanjutnya korban menghubungi anggota petugas menginformasikan kalau pelaku minta tebusan. Dari suara rekaman tersebut, anggota unit Reskrim langsung mengenali bahwa suara tersebut milik WD yang pernah ditangani di Polsek Kajoran,” paparnya.

Berdasarkan hasil rekaman suara pelaku tersebut kemudian Unit Reskrim Polsek Kajoran melakukan penyelidikan dan pencarian terhadap terduga pelaku. Dan pada Rabu (11/8/2021) sekitar pukul 10.00 WIB Unit Reskrim Polsek Kajoran mendapatkan informasi bahwa WD sedang bekerja di tempat pembibitan cabai Dusun Babakan, Desa Madugondo, Kecamatan Kajoran.

Artikel Menarik Lainnya :  Limbah Tahu Mampu Diolah Jadi Biogas di Tidar Campur

“Pelaku berhasil ditangkap di tempat kerjanya di pembibitan cabai. Pada pemeriksaan pelaku mengakui semua perbuatanya telah melakukan pencurian dan meminta tebusan terhadap korban,” terangnya.

Saat ini pelaku WD beserta barang bukti masih diamankan di Mapolsek Kajoran guna menjalani proses hukum selanjutnya.

“Pelaku dijerat pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 Tahun penjara,” tegas Wayan.(cha)