Berlubang Sering Kecelakaan, Warga Ganjuran Mertoyudan Swadaya Tambal Jalan

SWADAYA. Warga Dusun Ganjuran Desa Sukorejo Kecamatan Mertoyudan menambal jalan berlubang secara swadaya.
SWADAYA. Warga Dusun Ganjuran Desa Sukorejo Kecamatan Mertoyudan menambal jalan berlubang secara swadaya.

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM Warga Desa Sukorejo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, khususnya warga Dusun Ganjuran berinisiasi menambal jalan aspal yang berlubang. Tepatnya di Jalan Glagah – Japunan, Jumat (1/4/2022).

Hal tersebut dilakukan karena menyusul sering terjadinya kecelakaan di jalan tersebut, bahkan hingga menimbulkan korban jiwa.

“Sebelumnya terjadi kecelakaan. Anak sekolah diduga menghindari lubang di aspal, sehingga terjatuh dan malangnya malah tertabrak kendaraan lain dari arah berlawanan,” ucap salah satu warga setlat Ferry Edrian.

Inisiasi penambalan jalan berlubang tersebut anggaran dilakukan secara swadaya oleh masyarakat Dusun Ganjuran. Padahal jalan tersebut merupakan berstatus jalan kabupaten.

“Meskipun berstatus jalan kabupaten, tetapi warga tidak bisa tinggal diam, karena dikawatirkan akan jatuh korban lainnya. Ini merupakan langkah antisipasi,” tandas Ferry.

Selain itu jalan Glagah – Japunan, merupakan jalur alternatif yang cukup ramai dilalui kendaraan. Jalan tersebut juga menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Mertoyudan.

“Yang dari Desa Banjarnegoro bila mau ke Desa Mertoyudan biasa lewat jalan ini. Termasuk Desa Kalinegoro atau Desa Donorojo yang mau ke arah Kota Magelang banyak yang melalui jalan ini,” terangnya.(cha)