Berikan Informasi yang Benar, agar Rakyat Patuh PPKM

PIMPINAN. Silaturahmi Forkopimda bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Wonosobo di Pendopo Bupati Belakang, Rabu (28/7).
PIMPINAN. Silaturahmi Forkopimda bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Wonosobo di Pendopo Bupati Belakang, Rabu (28/7).

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM – Jajaran Forkopimda Wonosobo meminta  para tokoh agama dan masyarakat berperan aktif untuk mengedukasi warga memahami perlunya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Sehingga upaya pengendalian covid-19 berjalan dengan efektif.

“Mari berikan informasi yang benar terkait penyebaran covid 19 dan dampaknya, supaya rakyat patuh dan mengikuti anjuran pemerintah, menjalankan protokol kesehatan,” ungkap Dandim 0707 Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat.

Silaturahmi Forkopimda bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Wonosobo di Pendopo Bupati Belakang, Rabu (28/7).

Menurutnya, peran tokoh agama dan tokoh masyarakat Wonosobo dalam membantu pemerintah menyosialisasikan PPKM level 4 sangat diharapkan. Pasalnya warga Wonosobo menjadikan tokoh agama dan tokoh masyarakat sebagai panutan.

“Kami melihat peran tokoh agama dan juga masyarakat sangat penting. Mereka menjadi panutan, apa kata mereka akan diikuti oleh masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya meminta perhatian khusus dari para tokoh lantaran kondisi penyebaran covid 19 di Wonosobo sudah berada di zona tertinggi, yaitu level 4. Hal tersebut dilihat dari banyaknya kasus positif, angka meninggal dan tingkat kepatuhan masyarakat.

“Rumah sakit sudah penuh pasien. Bahkan beberapa waktu lalu kekurangan oksigen, tenaga medis sudah banyak yang terpapar, aparat TNI, Polri juga satgas covid juga banyak yang terpapar,” katanya.

Terkait hal itu, Dandim kembali menegaskan bahwa perlu kerjasama semua pihak untuk mengurangi atau memutus mata rantai penyebaran covid 19. Ikuti anjuran pemerintah dan berikan informasi kepada masyarakat secara benar dan terbuka.

Sementara itu, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat  menyampaikan, para tokoh agama dan tokoh masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pengendalian wabah covid-19 ini.

“Saya berharap para tokoh agama dan tokoh masyarakat agar turut melaksanakan dan menyosialisasi Instruksi Bupati terkait PPKM level 4 ini, serta membantu efektifitas pelaksanaannya, sehingga penyebaran covid-19 bisa ditekan,” katanya

Artikel Menarik Lainnya :  Hindari Longsor Susulan, Warga Diminta Waspada

Menurutnya, pimpinan organisasi keagamaan dan tokoh agama, masyarakat, agar turut mengajak anggota organisasi dan masyarakat sekitar, serta memberikan contoh dan penjelasan kepada masyarakat, serta untuk meredam gejolak yang mungkin muncul di masyarakat.

“Jadilah contoh dan tauladan bagi masyarakat, bahwa apa yang dilakukan pemerintah terkait pembatasan pembatasan kegiatan masyarakat. Semua demi kebaikan bersama, agar laju penyebaran covid-19 bisa ditekan secara efektif,” ungkap Bupati.

Berikan pengertian dan penjelasan yang proporsional, atas pentingnya pelaksanaan Instruksi Bupati dan konsekuensi atas pelanggaran. Para tokoh agama dan masyarakat bisa berperan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan PPKM level 4 di Wonosobo yang kasus penularannya cukup tinggi. Serta berikan edukasi kepada masyarakat perlunya menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari hari.

“Utamakan keselamatan dan kesehatan bersama dalam masyarakat, karena hal tersebut tidak ternilai harganya dan tidak bisa ditukar dengan uang sekalipun. Mari bersama-sama saling bersinergi, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19, utamanya di Wonosobo,” pungkas Bupati. (gus)