Berbagai Produk Kerajinan UMKM Dipamerkan di Artos Mall Magelang        

artos
Berbagai Produk Kerajinan UMKM Dipamerkan di Artos Mall Magelang        

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Berbagai produk kerajinan yang dihasilkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dipamerkan dalam Dekranasda Expo Kabupaten Magelang 2019 yang diadakan di Atrium Artos Mall Magelang pada 22-23 November 2019.

Acara ini secara resmi dibuka pada Jumat (22/11) oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin. Di hari pertama dimeriahkan dengan lomba desain batik, lomba dan fashion show dari SMK N 3 Magelang. Kemudian di hari kedua diisi dengan Lomba Pengolahan Limbah Kain Perca, Promosi Produk Binaan dan juga Fashion Show dari IDEA.

Dalam sambutannya, Christanti Zaenal Arifin mengatakan bahwa acara ini merupakan salah satu program kerja Dekranasda Kab. Magelang yang bertujuan untuk mengenalkan produk UMKM Kabupaten Magelang kepada masyarakat Magelang pada khususnya. “Kita memiliki banyak pengrajin dari berbagai sentra. Ada sentra Batu, sentra kayu, sentra bambu dan juga sentra batik. Semoga acara ini bisa menjadi salah satu pendorong kebangkitan UMKM di Kabupaten Magelang dan mendapat terus dukungan dari banyak pihak, ” katanya.

Selain itu, istri Bupati Magelang itu juga mengajak masyarakat untuk mulai menggunakan produk-produk UMKM yang ada sebagai bentuk dukungan agar para pengrajin terus mampu berkarya dan menghasilkan barang-barang yang berkualitas baik dan perekonomian di industri kratif akan terus tumbuh.

Ada banyak produk kerajinan yang dipamerkan dalam Dekranasda Expo kali ini. Seperti kerajinan batik, kerajinan bambu, tas rajut, kerajinan kayu, kerajinan dari kain perca dan aneka hiasan lainnya. Semua produk ini merupakan hasil karya dari pengrajin yang ada di Kabupaten Magelang, misalnya ada Batik Sleker Asri, Batik Saniyya, Seruas Bambu, Pothiel Craft, Kajengku, Ziada Leather Craft, Kasanga Craft dan masih banyak yang lainnya.

Public Relation Artos Mall, Keke Meidy mengatakan bahwa Artos Mall selalu mendukung acara-acara yang berkaitan dengan UMKM, “Kami selaku penyedia sarana umum selalu mendukung acara yang bertujuan untuk memajukan UMKM dan juga pengrajin lokal. Kami ucapkan selamat kepada penyelenggara dan semua pihak yang terkait atas terselenggaranya acara ini, semoga berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” kata Keke.

Salah satu pengunjung pameran, Mirsa (28) asal Purworejo mengatakan bahwa acara ini sangat menarik dan ada banyak produk unik yang dijual. “Beragam produk dipamerkan dalam acara ini, salah satu yang menarik bagi saya adalah sedotan dari bambu. Dengan menggunakan sedotan bambu ini bisa  mengurangi penggunaan sedotan plastik,” ungkap Mirsa. (rls)