Bencana Longsor di Windusari di Awal Musim Hujan

Pembersihan materia longsoran oleh petugas gabungan di Dusun Tinjumoyo Desa Umbulsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang.
MATERIAL. Pembersihan materia longsoran oleh petugas gabungan di Dusun Tinjumoyo Desa Umbulsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Bencana longsor kembali terjadi di Dusun Tinjumoyo Desa Umbulsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang, memasuki musim penghujan ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang bersama DPU PR, Damkar, TNI, Polri, relawan dan masyarakat setempat membersihkan material sisa-sisa longsoran, Jumat (29/10/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono, mengatakan dalam proses pembersihan material longsoran terdapat beberapa kendala.

“Kondisi tanah yang gembur dan kemiringan lereng menyulitkan petugas karena tanah terus bergerak serta kondisi cuaca yang tidak menentu. Selain itu dari assesment yang dilakukan BPBD, di atas tebing masih ada retakan dan sumber air, sehingga memicu terjadinya longsor susulan,” ucap Edi.

BPBD Kabupaten Magelang bersama tim gabungan masih terus berusaha melakukan penanganan tanah longsor tersebut. Mengerahkan alat berat satu unit Backhoe milik DPU PR Kabupaten Magelang, dengan memfokuskan penanganan penataan lereng tebing dan membersihkan sisa material longsoran agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Sebelumnya pada Rabu malam (27/10/2021) hujan dengan intensitas tinggi turun di wilayah Kecamatan Windusari. Yang memicu longsor tebing dengan ketinggian 10 meter dan material setinggi 2 meter menutupi akses jalan alternatif penghubung Magelang – Temanggung. (cha).

Artikel Menarik Lainnya :  Tempati Pasar Kaliangkrik yang Baru, Ratusan Pedagang Gelar Mujahadah