Belum Lulus, Siswi SMKN 1 Windusari Sudah Direkrut Perusahaan Ungaran Sari Garmen

WAWANCARA. Proses wawancara siswa SMKN 1 Windusari dalam perekrutan tenaga kerja industri garmen.
WAWANCARA. Proses wawancara siswa SMKN 1 Windusari dalam perekrutan tenaga kerja industri garmen.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – SMKN 1 Windusari Kabupaten Magelang aktif menyalurkan siswanya ke dunia kerja, salah satu kegiatan penyaluran tersebut dilaksanakan pada Jumat (25/3/2022), yaitu wawancara kepada 40 siswi sekolah tersebut. “Hari ini 40 siswa putri, kelas 12 jurusan Akuntansi yang sudah mau lulus, diwawancarai perusahaan Ungaran Sari Garmen, dimana perusahaan tersebut membutuhkan tenaga kerja operator produksi.

Wawancara dilakukan langsung di sekolah kami dengan penerapan protokol kesehatan ketat,” ucap Waka Humas, SMKN 1 Windusari Drs Suwadi.

Dalam penyaluran tenaga kerja siap pakai, SMKN 1 Windusari rutin tiap tahun bekerjasama dengan beberapa perusahaan baik lokal maupun luar pulau.

“Pada awal bulan Maret ini, siswa kami kelas 12 sejumlah 63 orang mengikuti test rekruitmen perusahaan operator tambang di Kalimantan.

Secara teknis urutan perekrutan dimulai dari Psikotes, wawancara online dirumah masing, medical cek up kesehatan, Diklat online, Bintalsik di Rindam IV/Diponegoro dua minggu, kemudian Diklat tatap muka di Jakarta. Dan dalam Psikotes lulus 18 anak, tinggal meneruskan tahapan selanjutnya,” papar Suwadi.

Rekruitmen Staf Ungaran Sari Garmen, Aditya Widhi Jatmiko, mengatakan, dengan kerjasama dengan SMKN 1 Windusari pihaknya dapat lebih mudah melakukan perekrutan tenaga kerja.

“Kalau hanya mengandalkan pelamar reguler, akan kurang mencukupi. Sebab dari 5000 karyawan kami, bisa 2 persen tiap tahunnya mengundurkan diri.

Dengan melakukan kerjasama ini, akan sangat mempermudah kami dan SMKN 1 Windusari, yang siswanya dapat lebih cepat terserap di lapangan kerja,” tutur Aditya.(cha).