Belasan Siswa MA An-Nawawi Terima Beasiswa, Raih Prestasi Nasional hingga Internasional

SERAHKAN. Kepala MA An-Nawawi Berjan saat menyerahkan beasiswa kepada siswa berprestasi. 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Sebanyak 14 siswa MA An-Nawawi Berjan Purworejo menerima beasiswa karena berhasil meraih prestasi akademis maupun nonakademis. Prestasi para siswa tersebut bukan hanya nasional saja, namun ada juga yang berhasil menorehkan prestasinya hingga tingkat internasional.

Kepala MA An Nawawi Berjan H Sahlan, SAg MSi, mengatakan, beasiswa yang diberikan kepada belasan siswa tersebut merupakan reward dari madrasah sebagai bentuk penghargaan sekaligus motivasi bagi seluruh siswa karena berprestasi meraih kejuaraan tingkat nasional dan internasional.

“Kami berikan reward berupa pembebasan biaya SPP sebagai bentuk tanda terimakasih kami. Karena mereka sudah berhasil meraih kejuaraan nasional dan internasional di semester gasal 2020/2021. Untuk rewardnya kita berikan  bervariasi berdasarkan tingkat prestasinya,” terang Sahlan, kemarin.

Lanjut Sahlan, pemberian reward ini juga  bagian dari manajemen penataan di MA An Nawawi, karena di akhir 2020 sekolah ini juga menerima SK sebagai Madrasah Aliyah Unggulan Program Keagamaan dari Kementrian Keagamaan RI.

“Sekolah kami masuk sebagai sekolah unggulan bersama 9 MA swasta se Indonesia, dan diantara 39 MA negeri dan swasta se Indonesia penerima SK sebagai Madrasah Aliyah Unggulan Program Keagamaan,” ungkap Sahlan.

Berarti ungkap Sahlan, MA An Nawawi Berjan dianggap mampu untuk menyelenggarakan program khusus unggulan, yakni Program Keagamaan.

“Kami rencananya tahun ajaran baru 2021/2022 akan ada penambahan jurusan Program Keagamaan (PK), selain jurusan IIA (Ilmu-ilmu Agama), IIS (Ilmu-ilmu Sosial), dan MIA (Matematika dan Ilmu Alam).

“Untuk kelas unggulan jumlah rombelnya hanya 24 siswa, tidak seperti biasa 36 siswa, Untuk seleksinya, semua diatur oleh kementrian agama. Kita hanya menerima,” jelas Sahlan.

Sahlan menambahkan, untuk mejalankan sebagai madrasah unggulan, haru dilakukan pembenahan dan penataan, seperti bulan Desember tahun lalu guru MA An Nawawi diikutkan diklat Balai Diklat Keagamaan Semarang. “Selain itu juga pembenahan sarpras dan tentunya siswanya,”terang Sahlan.

Artikel Menarik Lainnya :  Bupati Purworejo Wadul Soal Wadas, Ini Tanggapan Ganjar

Untuk diketahui, dari 14 siswa yang berprestasi, 10 siswa juara di tingkat nasional, dan 4 siswa juara di tingkat internasional. (luk)