Begini Upaya Transisi Pandemi COVID-19 ke Endemi

Begini Upaya Transisi Pandemi COVID-19 ke Endemi

JAKARTA, MAGELANGEKSPRES.COM – Pemerintah berencana melakukan transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi. Salah satu poin utama yang wajib dilengkapi adalah ketahanan kesehatan masyarakat Indonesia.

“Saat ini kita tengah berupaya membangun ketahanan kesehatan masyarakat Indonesia. Bukan hanya saja menyelesaikan permasalahan COVID. Tetapi juga tantangan-tantangan penyakit baru menular lainnya,” kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas COVID-19, Dewi Nur Aisyah, melalui kanal YouTube FNM Society, Minggu (31/10).

Dia mengatakan ada beberapa cara untuk membangun ketahanan kesehatan manusia. Yaitu dengan perubahan perilaku. Dalam hal ini, masyarakat wajib untuk mematuhi protokol kesehatan ketat. “Caranya adalah satu, perubahan perilaku, ini wajib, kepatuhan protokol kesehatan,” jelas Dewi.

Tak hanya itu. Pemerintah, lanjutnya, saat ini juga tengah mempercepat kekebalan komunal atau herd immunity. Yakni dengan terus menggencarkan vaksinasi secara menyeluruh. Penguatan kapasitas dan infrastruktur seperti rumah sakit dan juga isolasi terpusat (isoter) juga menjadi perhatian pemerintah.

“Yang kedua, bagaimana kita mempercepat pembentukan kekebalan komunitas atau herd immunity. Ketiga menguatkan kapasitas dan infrastruktur kesehatan, rumah sakit tetap standby, isoter, isolasi terpusat juga dilakukan, testing, tracing,” ungkapnya.

Dewi menambahkan, pemerintah mengawasi mutasi varian baru yang sudah masuk di Indonesia. Terutama di area perkantoran. Menurut Dewi, mutasi varian baru Corona ini sangat cepat menyebar. Sehingga perlu adanya pengendalian di tempat kerja.

“Mengawasi distribusi varian ini tetap dilakukan. Kita lihat varian yang ada di Indonesia. Mutasi udah mulai masuk ke kantor, Bagaimana caranya pengendalian juga dapat terjadi di tempat kerja,” tuturnya.

Prakiraan kasus COVID-19 yang akan terjadi di Indonesia tidak akan tinggi seperti sebelumnya. Hal itu karena sudah terciptanya kekebalan komunal dari banyaknya masyarakat yang divaksinasi.

Artikel Menarik Lainnya :  Sejumlah Desa Wisata di Purworejo Mulai Bergeliat, Bangun dari “Tidur Panjang” Akibat Pandemi

Kendati demikian Satgas belum bisa memerinci capaian kekebalan alami dan buatan yang saat ini sudah terjadi di Indonesia. Saat ini Kementerian Kesehatan sudah melakukan serosurvei untuk mengukur kekebalan tersebut. (rh/fin)