Beda Kinanti Puteri dan Alexia Putellas, yang Nama Keduanya Jadi Trending Topic

Beda Kinanti Puteri dan Alexia Putellas, yang Nama Keduanya Jadi Trending Topic
Kinanti Puteri atau Kinan saat mengikuti sesi latihan rutin bersama SSB Barca, tempat pertama kalinya mengenal sepakbola dan tentu saja, Alexia Putellas sang maestro. Foto: rizal ifan chanaris.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Meski sama-sama berstatus sebagai pemain sepakbola wanita, namun nama Kinanti Puteri alias Kinan dan Alexia Putellas Segura bak langit dan bumi.

Betapa tidak, Kinan adalah seorang pesepakbola wanita cilik berusia 7 tahun asal Kabupaten Temanggung kelahiran 22 Februari 2015 yang masih duduk di bangku kelas 2 SD Negeri 1 Sanggrahan Kedu asal Dusun Sawahan, Desa Mojotengah, Kecamatan Kedu, kini berlatih bersama SSB Barca.

Sedangkan Alexia Putellas Segura merupakan pemain sepakbola wanita profesional berdarah Spanyol berusia 28 tahun yang lahir pada 4 Februari 1994 di Mollet del Valles dan kini bermain untuk klub elit FC Barcelona Femeni. Selain didapuk sebagai pemain langganan Timnas Spanyol, sederet prestasi mentereng juga berhasil ia torehkan.

Mulai Ballon d’Or Feminin 2021, Best FIFA Women Player 2021, hingga UEFA Player of The Year 2021 adalah bukti bahwa ia layak disebut sebagai pemain top papan atas dunia.

Namun demikian, nama keduanya kini tengah menjadi perbincangan hangat pecinta sepakbola dalam negeri hingga mancanegara. Hal ini bermula dari cuitan Alexia dalam akun twitter pribadinya. Puttelas mengatakan “Kinan, i hope to visit Indonesia one day soon and we can get together or maybe in Barcelona, playing some football 😉 Keep working hard and never stop dreaming 🤙”. Yang berarti bahwa Putellas berharap dapat mengunjungi Indonesia segera suatu saat nanti dan dapat bermain sepakbola bersama, bahkan di Barcelona. Ia juga berpesan agar Kinan senantiasa bekerja keras dan tidak pernah berhenti bermimpi.

Ini adalah respon dari pernyataan Kinan yang mengaku sangat mengidolai Putellas saat dirinya dinobatkan sebagai pemain sepakbola dan peserta termuda dalam ajang Festival Sepakbola Puteri U-12 yang diselenggarakan Asosiasi Sepakbola Wanita Indonesia (ASBWI) di Stadion Bhumi Phala Kabupaten Temanggung beberapa waktu lalu.
Usut punya usut, kekaguman Kinan terhadap Alexia Putelles berawal dari kegemarannya yang kerap menonton aksi-aksi pemain sepakbola wanita profesional melalui tayangan Youtube.

Kepada magelangekspres.com, Kinan menyebut bahwa Alexia adalah salah seorang pemain sepakbola yang bermain apik sekaligus memiliki kepercayaan diri tinggi saat beraksi mengolah si kulit bundar di atas lapangan hijau.

“Saya tahu Alexia dari Youtube. Dia idola saya karena mainnya bagus dan sangat percaya diri,” jelasnya di sela sesi latihan bersama SSB Barca Temanggung di Lapangan Atletik, Rabu (10/8/2022).

Mengetahui bahwa Alexia melayangkan cuitan kepadanya, Kinan mengaku saat ini semakin ingin bertemu langsung dengan Alexia di Catalunya, markas FC Barcelona Femeni. Bahkan, ia kini kian berlatih keras agar kelak bisa menjadi pemain profesional dan bergabung dengan klub elit luar negeri.

“Ingin rasanya bisa menjadi pemain hebat seperti Alexia dan bermain di klub besar luar negeri. Saya senang sepakbola karena jadi banyak teman,” imbuhnya.

Ada momen lucu ketika awak media menanyakan posisi idamannya dalam sesi wawancara tersebut. Jawaban lucu ia lontarkan saat ditanya masalah posisi favorit kala bermain di lapangan. Bukan kiper, bek, gelandang, sayap, atau penyerang. Akan tetapi Kinan justru ingin menjadi kapten.

“Posisi favorit saya adalah kapten. Pokoknya ingin jadi kapten,” lontarnya.
Sementara itu, mengetahui anak gadisnya itu tengah menjadi trending topic di jagad maya, sang ibu, Dian Rahayu Ningsih (38) mengaku sangat terkejut dan tak menyangka Kinan jadi bahan perbincangan para penggila bola usai menerima cuitan dari Alexia Putella.

“Ya kaget nama anak saya bisa viral di berbagai portal media. Gak nyangka pokoknya, tetapi saya senang dan bangga,” ungkapnya.

Dian mengaku, sejatinya sepakbola bola bukannya dunia yang asing bagi Kinan. Pasalnya, ia mulai terlatih mengolah si kulit bundar sejak masih berusia 2 tahun.

“Awalnya Kinan hanya diajak mengantar kakak-kakaknya berlatih dan bermain sepakbola. Lama-lama ia terlihat asik bermain bola di pinggir lapangan. Hingga akhirnya, ia benar-benar meminta izin kepada kami (orang tua) untuk ikut berlatih. Bahkan, sekarang anak saya punya idola bernama Alexia Puttelas yang aksinya kerap ditonton via youtube. Saya hanya berdoa agar kelak impiannya menjadi pemain profesional benar-benar terwujud,” bebernya. (riz)