BBRSPDI Kartini Temanggung Miliki SKA untuk Usaha Penerima Manfaat

MEMBATIK. Salah satu penerima manfaat di BBRSPDI Kartini Temanggung sedang membatik dengan metode suntik.

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) “Kartini” Temanggung membangun Sentra Kreasi Atensi (SKA) Kartini. Tempat ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat pemasaran hasil karya para penerima manfaat dan masyarakat di sekitar BBRSPDI.

Kepala BBRSPDI “Kartini” Temanggung, Juena Br Sitepu berharap dengan adanya SKA ini ada interaksi antara penerima manfaat dengan masyarakat umum, sehingga akan terjalin komunikasi yang baik.

SKA Kartini merupakan tempat usaha yang dikelola sekaligus diperuntukkan bagi penerima manfaat penyandang disabilitas.

“Tentunya akan ada pendampingan, dengan harapan tempat usaha ini bisa menjadi tempat belajar bagi mereka (penyandang disabilitas),” katanya.

Dalam SKA terdapat kafe dan sentra kuliner yang menyediakan aneka ragam panganan, makan, dan minuman yang dijual oleh penyandang disabilitas, serta pelaku usaha kuliner lokal.

“Untuk area ini terbuka untuk masyarakat umum, semoga saja masyarakat bisa berkunjung dan bisa menikmati semua hidangan dan minuman yang dijual,” harapnya.

Selain kafe dan sentra kuliner, dalam SKA  juga terdapat toko, usaha laundri, dan galeri yang memamerkan dan menjual hasil karya penyandang disabilitas berupa  batik ciprat, tas, kerajinan kayu, dan beragam kerajinan tangan lainnya.

Baca Juga
Pilkada 2024, Pemkab Magelang Siapkan Anggarkan Rp108 Miliar

“SKA diharapkan bermanfaat untuk memberdayakan potensi yang dimiliki para penyandang disabilitas, menjadi tempat inklusi belajar dan bersosialisasi bagi penyandang disabilitas yang merupakan roh dari SKA Kartini Temanggung,” imbuh Juena.

BBRSPDI merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kementerian Sosial RI yang berada di bawah dan tanggungjawab Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial yang memiliki tugas dan fungsi sebagai pusat rujukan nasional dan menjadi laboratorium untuk mengembangkan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas intelektual dan ragam disabilitas lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Tinjau Gudang Tembakau, DPRD Temanggung Minta Pabrikan Cepat Serap Tembakau.

Oleh karena itu katanya, fasilitas yang berada di BBRSPDI harus bisa dimanfaatkan secara optimal sehingga bisa bermanfaat bagi penyandang disabilitas maupun masyarakat pada umumnya.

Rencananya SKA Kartini yang saat ini sudah mulai dirintis akan diresmikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini yang dijadwalkan tiba pada Jumat (5/3).

“Rencananya, Bu Menteri Risma akan memberi pengarahan sekaligus meresmikan Sentra Kreasi Atensi (SKA) Kartini” kata Juena. (set)