Baru 70 Person, Dinkes Temanggung Genjot Target Vaksinasi untuk Lansia

Dinkes Temanggung Genjot Target Vaksinasi untuk Lansia
Petugas medis tengah melakukan vaksinasi kepada masyarakat, khususnya lansia. (Foto: rizal ifan chanaris/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM– Pemerintah Kabupaten Temanggung, melalui Dinas Kesehatan terus menggenjot angka vaksinasi Covid-19 untuk kelompok yang dianggap rentan, yakni lanjut usia (lansia). Hal ini sebagai upaya mencegah meluasnya penularan, khususnya varian Omicron.
Guna mencapai target 100 persen, Dinkes telah mengerahkan seluruh petugas vaksinasi di lapangan agar berkonsentrasi memberikan vaksinasi dosis pertama maupun kedua pada lansia.
“Mengingat lansia merupakan kelompok rentan, sehingga sangat diprioritaskan,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Temanggung, Dwi Sukarmei, Kamis (10/3).
Pihaknya menyebut bahwa capaian vaksin yang ada di Kabupaten Temanggung sejauh ini sudah berjalan sangat baik. Oleh karenanya, Dinkes berupaya semaksimal mungkin agar trendnya ke depan semakin baik, khususnya vaksinasi untuk lansia, karena masih berada di angka kurang dari 70 persen.
Ia mengakui capaian vaksinasi lansia masih belum sesuai harapan karena beberapa faktor. Yakni adanya komorbid seperti faktor tekanan darah meningkat di atas toleransi, sehingga beresiko ketika divaksin. Kemudian kendala lain adalah jarak yang jauh antara tempat tinggal dengan titik vaksinasi yang berada di Puskesmas.
“Untuk menjangkau kelompok lansia yang tinggal jauh dari titik vaksinasi dipuskesmas, kita langsung mendatangi rumahnya atau juga melakukan jemput bola, ini untuk mempercepat campaian vaksinasi terhadap lansia,” imbuhnya.
Dwi menyebutkan, target vaksinasi lansia di Temanggung sebanyak 84.783 lansia, dan saat ini vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 69.98 persen, atau 59.332 orang, sedangkan dosis dua 60.05 persen, atau 50.913 orang.
“Kita mentargetkan pada minggu depan ini vaksinasi lansia sudah mencapai angka lebih dari 70 persen, baik dosis pertama maupun dosis kedua, karena dosis satu itu hanya tinggal 150 orang saja, dan dosis dua hanya 300 orang,” tegasnya.
Secara keseluruhan vaksinasi dosis pertama di kabupaten Temanggung sudah mencapai 90,88 persen, atau 567.420 dari target 624.346 orang. Sedangkan vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 80,76 persen, atau 504.238 orang. sementara dosis ketiga mencapai 5,90 persen, atau 36.844 orang. (riz)