Banyak Potensi Wisata Baru, Pemdes Bandongan Lakukan Hal ini…

Desa Bandongan Kembangkan Wisata Alam dan Edukasii
TANAM POHON. Kepala Desa Bandongan Sudjono, dalam kegiatan tanam pohon langka bersama Relawan tanggap bencana, dilokasi bakal tempat wisata.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Desa Bandongan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang kini sudah mulai mengembangkan tempat wisata alam dan edukasi. Pemerintah Desa Bandongan akan terus menggali dan mengembangkan potensi-potensi wisata di wilayahnya.

Kepala Desa Bandongan Sudjono, menyampaikan, keindahan alam dan potensi di Desa Bandongan memiliki daya tarik wisata. Untuk itu, pihaknya mulai melakukan beberapa pengembangan, seperti menciptakan paket liburan, baik bagi keluarga maupun komunitas.

Adapun beberapa sektor wisata yang menjadi unggulan di Desa Bandongan antara lain, paketan kegiatan wisata alam dan edukasi yang menawarkan beberapa pilihan yang menarik.

“Pilihan di desa kita ini, baik wisata alam, edukasi, dan kuliner semua ada. Dan saat ini juga, sedang kita rintis semuanya, agar menjadi sebuah paketan wisata dan itu sudah masuk dalam daftar, bahkan nantinya akan dikembangkan baik wisata alam maupun wisata edukasi dan kuliner dengan menampilkan makanan tradisional khas Bandongan,” ucap Sujono saat melakukan penanaman pohon langka di lokasi yang akan dijadikan tempat wisata, Minggu (31/10/2021).

Sujono mengatakan, bahwa rencananya proses launching tanggal 1 Januari 2022 bersamaan dengan launching Bandongan Mall, sebuah aplikasi layanan masyarakat.

“Yang akan kita garap tanah kas Desa Bandongan seluas 7.800 meter ditambah menyewa tanah warga 2.000 meter jumlah sekitar 9.800 meter, pemerintah Desa Bandongan bekerja sama dengan Tim Tunas Mekar milik Bapak Budiono Hidayat warga Desa Rejosari Bandongan, yang  saat sekarang bertempat tinggal di Jakarta, nantinya kita beri nama Wisata Agro Lembah Semawang Bandongan adapun launcing akan kita laksanakan pada hari Sabtu 1 Januari 2022 bersamaan launcing Bandongan Mall,” jelas Sujono.

Menurutnya, Desa Bandongan memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Dia yakin, dengan adanya dukungan langsung dari masyarakat dan peran aktif dari PKK, Pokdarwis, serta Bumdes, wisata Desa Bandongan bisa berkembang.

Artikel Menarik Lainnya :  Artos Mall Bagikan Voucher bagi Peserta Vaksinasi

Sementara salah satu founder Lembah Semawang Budiono Hidayat menjelaskan, nantinya ada tiga konsep wisata yang akan bisa dinikmati pengunjung, yakni wisata tubing dan wisata edukasi dan kuliner makanan khas Bandongan.

“Selain membantu untuk pengembangan akomodasi di pariwisatanya, mereka yang bergerak dipariwisata juga membantu dalam hal peningkatan SDM seperti contohnya memberikan pelatihan bagaimana caranya memberikan pelayanan kepada wisatawan dan lain sebagainya,” ungkap Budiono Hidayat.(cha)