Bantu Pendaki, Pencinta Alam dari Jogjakarta Pasang Panel Surya di Puncak Gunung Andong

Bantu Pendaki, Pencinta Alam dari Jogjakarta Pasang Panel Surya di Puncak Gunung Andong
Para pecinta alam dari Yogyakarta melakukan pemasangan panel surya di puncak Gunung Andong, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Foto: istimewa

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sejumlah siswa pecinta alam yang berasal dari salah satu sekolah di Yogyakarta didampingi oleh Mapala Fakultas Peternakan UGM (Caravan Mountaineering Club) bekerja sama dengan PT Adyawinsa Electrical and Poser, juga Magelang Ekspres sebagai media patner melakukan pemasangan panel surya di makam Ki Joko Pekik dan 3 warung puncak Gunung Andong, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Pemasangan panel surya yang berlangsung 2 hari, 19-20 Maret 2022 ini dilakukan untuk membantu penerangan warga sekitar yang hendak melakukan ritual malam di Makam Ki Joko Pekik, sehingga warga tidak perlu lagi bersusah payah untuk membopong aki dan lilin dari rumah.

Tidak hanya di makam Ki Joko Pekik saja, pemasangan panel surya juga dilakukan di beberapa tempat seperti pos 2 jalur baru, warung Pak Darno, Bu Imun dan warung Bu Peni yang berada di puncak. Adanya panel surya di jalur dan puncak Andong juga akan membantu para pendaki yang membutuhkan listrik untuk sekedar mengisi baterai atau untuk penerangan di malam hari. Pemilik warung sangat berterimakasih dengan adanya distribusi panel surya ini, dikarenakan pengeluaran warung akan berkurang dan pemilik warung tidak perlu repot repot mengisi daya aki untuk menerangi warung. Kini, warga sekitar dan para pendaki tidak perlu khawatir mengenai penerangan pada makam maupun jalur pendakian Gunung Andong.

Gunung Andong berada di Desa Ngablak dan Desa Tlogorejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Gunung Andong yang berbatasan dengan tiga wilayah meliputi Semarang, Magelang dan Salatiga menjadi destinasi favorit bagi pendaki karena akses menuju basecamp yang mudah dijangkau serta kondisi medannya yang masih tergolong landai dengan waktu tempuh menuju puncak yang cukup singkat.

Selain dijadikan sebagai wisata alam, Gunung Andong juga dijadikan sebagai wisata religi karena keberadaan makam di puncak Andong yaitu Makam Ki Joko Pekik, salah satu tokoh penyebar agama islam. Makam tersebut acap kali didatangi oleh warga sekitar untuk sekedar berziarah serta berdoa dan memohon keselamatan dari para leluhur. (rls/me)