Bangun Jejaring Internasional, Dongkrak Performa Kampus Unimma

Bangun Jejaring Internasional, Dongkrak Performa Kampus Unimma

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) melakukan kerja sama internasional dengan berbagai pihak di tahun 2020. Seperti melakukan Publikasi bersama (Joint publication) dengan University Sains Islam Malaysia (USIM), University Teknikal Malaysia Melaka malaysia (UTem), University of Malaya (UM), University Utara malaysia (UUM), UNIMASS, Pertukaran pelajar (exchange students): ke KKBS Thailand, Seminar bersama UNIMMA X: UM, KKBS, Asia University, USIM, UTeM,

“Fokus utama kerjasama adalah untuk membangun jejaring internasional, dengan luasnya jejaring, dapat membantu performance universitas terutama berefek pada mahasiswa yang memiliki kesempatan untuk belajar di luar negeri, berinteraksi, berdiskusi dan berbaur dengan mahasiswa dari universitas luar,” kata Kepala Kantor Urusan Internasionalisasi Unimma, Nia Kurniati Bachtiar, SE, S.Si, MSc, kemarin.

Dijelaskan, dari segi universitas, kerjasama internasional dapat membantu meningkatkan kapasitas dosen dalam melakukan penelitian skala internasional, membangun jejaring akademik internasional. Dari sudut pandang pemerintah, kerjasama dengan lembaga internasional tentu saja membantu mempromosikan Indonesia di skala global.

Baca juga
Awal Tahun, Ungkap 3 Kasus Narkoba

“Manfaatnya banyak sekali, mahasiswa dapat menambah pengalaman, meningkatkan keberanian, mendapatkan jejaring yang lebih luas, mendapatkan pengalaman kuliah di negara lain. Dari sudut pandang dosen, selain menambah jejaring akademik, juga meningkatkan kapabilitas dan kapasitas dosen dalam skala global,” tandasnya.

Dalam menjalin kerja sama di masa pandemi covid-19, kegiatan pertukaran pelajar ke luar negeri dilakukan secara virtual bersama KKBS (Khon Kaen Business School) Thailand, 10 mahasiswa diikutkan dalam kegiatan tersebut.

Di tahun 2021, Unimma membidik kerja sama dengan berbagai pihak. Fokusnya meluas ke negara Asia secara lebih umum, Eropa, Middle East dan Australia. Rencananya Unimma akan kerja sama; joint publication dengan TNU Thailand, UM, UUM, UniKL, UKM, PUP Philipines; Joint conference bersama PUP, UM; Research conference bersama PUP; Summer camp bersama Da Nang University; International Students Competition bersama PUP, KKBS Thailand, UM Malaysia, TNU Vietnam, UBD Brunei Darussalam.

Artikel Menarik Lainnya :  Butuh Komitmen Bersama, Kasus Stunting di Kabupaten Magelang Terus Turun

“Harapannya, dapat membuat kerjasama yang tidak hanya berdampak pada internal Unimma (mahasiswa dan dosen) tapi juga berdampak sosial dan lingkungan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan dirintisnya kegiatan joint research (penelitian bersama) dan joint community service (pengabdian bersama),” tandasnya. (rls/man)