Balkesmas Wilayah Magelang Sosialisasikan PHBS ke Sekolah dan Ponpes

Balkesmas Wilayah Magelang Sosialisasikan PHBS ke Sekolah dan Ponpes
Balkesmas Wilayah Magelang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, mengadakan kegiatan Fasilitasi dan Pendampingan Pelaksanaan PHBS di Institusi Pendidikan dan Pesantren Pasca Covid 19, Kamis(28/10).

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat diartikan sebagai segala perilaku yang dilaksanakan dengan sadar sebagai hasil pembelajaran, yang membentuk seseorang, keluarga, kelompok, atau masyarakat dapat mandiri dibidang kesehatan dan turut terlibat dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Penyebab penyakit pada umumnya terjadi akibat kurangnya pengetahuan terkait PHBS, untuk itu dirasa perlu bagi kita semua untuk memahami tentang pentingnya PHBS.

Balkesmas Wilayah Magelang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, mengadakan kegiatan Fasilitasi dan Pendampingan Pelaksanaan PHBS di Institusi Pendidikan dan Pesantren Pasca Covid 19, Kamis(28/10). Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula pertemuan Puskesmas Bantarsari – Cilacap, diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari; 10 orang perwakilan dari Pondok Pesantren, 10 orang perwakilan dari SMU (pelajar dan pengelola UKS), 5 orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dan Puskesmas.

Kepala Puskesmas Bantarsari, Suwono menyampaikan bahwa dimasa pandemic seperti ini lingkungan sekolah dan pondok dirasa perlu untuk menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat atau PHBS untuk

mengurangi penyebaran Covid 19. “Kebiasaan PHBS sudah pasti penting dilakukan untuk mengatisipasi penyebaran virus dimasa pandemi ini,”katanya.

Termasuk selalu menerapkan protokol kesehatan lebih ketat terutama dimulai dari diri sendiri. PHBS di lingkungan sekolah atau pondok pesantren dapat diwujudkan dengan cara ; 1). Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, 2). Mengkonsumsi jajanan sehat, 3). Menggunakan jamban bersih dan sehat, 4). Olah raga dengan teratur, 5). Memberantas jentik nyamuk, 6). Tidak merokok di lingkungan sekolah, 7). Membuang sampah pada tempatnya, dan 8). Melakukan kerja bakti bersama warga lingkungan sekolah/ponpes.

Pada kegiatan tersebut disampaikan juga materi tentang PHBS secara khusus, dan materi terkait srategi pelaksanaan PHBS dalam pencegahan penularan covid 19. Materi disampaikan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap. Selain itu, dari perwakilan Balkesmas Wilayah Magelang, Abimayu menyampaikan materi seputar perlunya vaksinasi covid 19 dan perkembangan Covid 19 saat ini. Peserta dibimbing untuk membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) agar peserta dapat segera mengimplementasikan pengetahuan atau ilmu yang sudah didapatkan. (hen/adv)

Artikel Menarik Lainnya :  Gunakan Pupuk Organik, Sawah Svarga Bumi Borobudur Disemprot Gunakan Drone