Balkesmas Magelang Berikan Promkes Kepada 25 Pelaku Usaha Kawasan Borobudur

PENYAMPAIAN. Kepala Balkesmas Wilayah Magelang dr. Retno Mratihatani, MH Kes didampingi GM Borobudur dan Manohara, Aryono Hendro saat membuka acara Promkes, Selasa(22/3)lalu.
PENYAMPAIAN. Kepala Balkesmas Wilayah Magelang dr. Retno Mratihatani, MH Kes didampingi GM Borobudur dan Manohara, Aryono Hendro saat membuka acara Promkes, Selasa(22/3)lalu.

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM-Balkesmas Wilayah Magelang mengadakan kegiatan Promosi Kesehatan (Promkes) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur, Selasa(22/3) lalu di Aula pertemuan Manohara Resto Borobudur.

Acara Promkes dihadiri 25 orang perwakilan pelaku usaha di area obyek wisata candi Borobudur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah tentang penetapan 5 DPSP, yaitu Danau Toba, Likupang, Mandalika, Labuan Bajo, dan Borobudur.

Kepala Balkesmas Wilayah Magelang dr. Retno Mratihatani, MH Kes saat membuka acara menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 memberikan dampak sosial ekonomi yang sangat luar biasa bagi masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“Hingga saat ini pandemi covid ini belum berakhir, untuk itu masyarakat masih harus ketat menjalankan protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas dan interaksi,”himbaunya.

Dalam kesempatan ini, peserta juga mendapatkan tambahan pengetahuan tentang masalah kesehatan yang disampaikan oleh pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Puskesmas Borobudur, dan TWC Borobudur.

Materi tentang cara pengelolaan sampah bagi pelaku usaha area wisata disampaikan oleh GM Borobudur dan Manohara, Aryono Hendro M dilanjutkan materi tentang PHBS diberbagai tatanan yang disampaikan oleh pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Aji Bau, dan Puskesmas Borobudur dr. Yenni Suryaningtyas.

Peserta merasa cukup puas dan merasa dihargai dengan diundangnya ke acara ini, berharap acara seperti ini dapat berkelanjutan dikemudian hari dengan peserta yang berbeda dan materi sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha di obyek wisata Borobudur, sehingga para pelaku usaha juga dapat mendukung program DPSP Borobudur. Perwakilan peserta menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara (Balkesmas Wilayah Magelang) yang di dukung oleh TWC Borobudur, serta para pemateri yang telah memberikan tambahan pengetahuan kepada semua peserta kegiatan. (hen/adv)