Balkesmas Isi Penanggulangan DBD

acara koordinasi Penanggulangan DBD, Selasa (30/3), di Kantor Kelurahan Bodas Karangjati, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga
PEMAPARAN. Balkesmas narasumber saat acara koordinasi Penanggulangan DBD, Selasa (30/3), di Kantor Kelurahan Bodas Karangjati, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG SELATAN – Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Magelang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Purbalingga mengadakan kegiatan koordinasi Penanggulangan DBD, Selasa (30/3), di Kantor Kelurahan Bodas Karangjati, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.
Koordinasi ini dihadiri oleh kader kesehatan, Dawis, Posyandu, Kesling, tokoh masyarakat, perwakilan sekolah, perangkat desa, takmir masjid, juga perwakilan Puskesmas Rembang, Polsek Rembang dan perwakilan dari Kecamatan Rembang.
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung Desa Bodas Karangjati menjadi desa bebas jentik nyamuk.
Acara diawali dengan sambutan dari perwakilan Balkesmas Wilayah Magelang, Sri Wahyuni SKM yang menyampaikan perlunya kewaspadaan masyarakat terhadap kasus DBD.
“Masyarakat perlu pemahaman dalam upaya mencegah terjadinya DBD di wilayah masing-masing,” tuturnya.
Kegiatan ini dihadiri sekitar 60 orang, dengan mengikuti protokol kesehatan.
Dalam koordinasin ini dihasilkan kesepakatan untuk bersama-sama mendukung Desa Bodas Karangjati menjadi desa KBJ dan mendorong masyarakat untuk melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) secara rutin dan mandiri.
“Kegiatan koordinasi ini di harapkan dapat diadakan secara berkelanjutan dan bersinergi dengan pihak- pihak terkait, sehingga program dapat terwujud dan tidak ada kejadian DBD khususnya di wilayah Kecamatan Rembang,” imbuh Sri.
Selain dari Balkesmas pemaparan materi dari Tim P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga tentang KBJ (Kawasan Bebas Jentik), materi ke dua tentang peran PKK dalam mendukung implementasi KBJ, dan materi ke tiga tentang penanggulangan DBD. (hen)

Artikel Menarik Lainnya :  Hari Pertama PTM, Siswa SMP Mutual Langsung Ujian