Awasi Obwis, Pemkab  Bentuk Timwas

MONITOR. Dandim 0707 Letkol Czi Wiwit Wahyu Hidayat,  Sekda, One Andang Wardoyo bersama Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto dan Asisten 1 pemerintah Aziz Wijaya  melakukan monitoring  protokol kesehatan tempat wisata yang ada di Kabupaten Wonosobo.
MONITOR. Dandim 0707 Letkol Czi Wiwit Wahyu Hidayat,  Sekda, One Andang Wardoyo bersama Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto dan Asisten 1 pemerintah Aziz Wijaya  melakukan monitoring  protokol kesehatan tempat wisata yang ada di Kabupaten Wonosobo.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Jajaran Forkompimda Kabupaten Wonosobo menggelar monitoring terhadap persiapan pembukaan objek wisata (obwis) di Wonosobo. Pemkab sendiri merencanakan akan membuka secara terbatas dengan pemberlakuan protokol kesehatan pada Agustus ini. Tim pengawas sedang disiapkan untuk dibentuk.

“Semua atraksi wisata kawasan wisata, utamanya Dieng sudah kita dorong menerapkan protokol kesehatan. Dan yang terpenting membatasi jumlah pengunjung sesuai kapasitas tempat dan durasi waktu kunjungan,”  ungkap Sekda Wonosobo, One Andang Wardoyo kemarin.

Jajaran forkompimda yang terdiri dari Dandim 0707 Letkol Czi Wiwit Wahyu Hidayat, Sekda, One Andang Wardoyo bersama Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto dan Asisten 1 pemerintah Aziz Wijaya melakukan peninjauan tempat wisata, seperti Curug Sikarim, Telaga Cebong, Sikunir, Telaga Warna, Batu Angkruk, Dieng dan Telaga Menjer.

Menurutnya, pihak pemkab harus menyingkronkan antara dua kepentingan sekaligus, yaitu kepentingan  ekonomi dan kesehatan. Sehingga pemantauan secara ketat akan dilakukan tim pengawas protokol kesehatan.

“Kita akan buka, tapi akan kita pantau secara ketat. Pemda sedang bentuk Tim Pengawas (Timwas) Protokol Kesehatan. Kemudian akan dilakukan test rapid scan secara periodik di kawasan pariwisata, termasuk kepada pelaku pariwisata,” tandasnya.

Pihaknya mempersilahkan kepada para wisatawan datang ke Wonosobo untuk menikmati keindahan pesona alam Kabupaten Wonosobo namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga
Berikan Edukasi pada Pesepeda, Polres Magelang Kota Gowes Bareng Sambil Sosialisasi

“Jika kami sudah siap, tentu saja wisatawan bisa datang berkunjung,” ucapnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat menjelaskan, Wonosobo menjadi bagian strategis kawasan wisata nasional yang memiliki beberapa tempat wisata yang luar biasa dan menjadi tujuan utama para wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Artikel Menarik Lainnya :  Waspadai 8 Negara Afrika, Indonesia Pilih Tutup Penerbangan

“Kami menghimbau pembukaan tempat wisata untuk umum harus sesuai protokol kesehatan, jaga jarak, gunakan masker, cuci tangan dan bagi yang akan datang ke Wonosobo membawa surat keterangan sehat akan lebih baik. Ayo datang ke Wonosobo, berbelanja di Wonosobo dan nikmati keindahan alam di Kabupaten Wonosobo,” jelasnya.

Pemkab Wonosobo sendiri secara bertahap akan mulai membuka objek wisata di Wonosobo. Dalam suasana pandemi covid 19, objek wisata yang dibuka tetap terbatas dengan syarat tertentu dan menggunakan protokol kesehatan. (gus)