Artos Mall Magelang Belum Terapkan Kartu Vaksin

ARTOS MALL. Kartu vaksin belum diberlakukan di Artos Mall Magelang sejauh ini. Manajemen mall tersebut hanya melakukan pembatasan ketat selama PPKM Level 4. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
ARTOS MALL. Kartu vaksin belum diberlakukan di Artos Mall Magelang sejauh ini. Manajemen mall tersebut hanya melakukan pembatasan ketat selama PPKM Level 4. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

Pengunjung Bebas Masuk asalkan Patuhi Prokes

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COMArtos Mall Magelang belum mewajibkan para pengunjung untuk menunjukkan kartu vaksin. Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 30 tahun 2021 dam Instruksi Gubernur (Ingub) Jawa Tengah nomor 8 tahun 2021, Magelang tidak termasuk daerah yang memberlakukan uji coba implementasi protokol kesehatan pada pusat perbelanjaan.

“Kabupaten Magelang tidak termasuk daerah yang memberlakukan uji coba implementasi kartu vaksi sebagai syarat masuk mall, jadi kami juga belum memberlakukan syarat itu bagi pengunjung,” kata General Manager Armada Town Square Magelang, Saparina Tri Hapsari dihubungi, Jumat (13/8).

Diketahui Inmendagri itu baru diberlakukan di DKI Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Sementara Kota dan Kabupaten Magelang tidak termasuk.

Rina menjelaskan, informasi dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, sejauh ini capaian vaksinasi di wilayah ini masih belum setinggi 4 daerah tersebut.

Walau demikian, pihaknya telah menerapkan beberapa peraturan baru sebagai syarat wajib masuk mall, yakni batas usia pengunjung yang diperbolehkan masuk berusia 12-70 tahun.

Kemudian, pengecekan suhu badan penunjung, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsainitizer. Prosedur ini diterapkan di setiap pintu masuk mall.

“Sesuai anjuran Kementerian Kesehatan, pengunjung juga dilarang memakai masker scuba,” tegasnya.

Kemudian untuk layanan Food and Beverage hanya melayani take away dan delivery serta dan jam operasional mal dipersingkat mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

“Langkah ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen dalam membuat ruang publik aman dan nyaman bagi pengunjung sekaligus karyawan di Artos Mall,” imbuh Rina.

Pihaknya telah membatasi jumlah pengunjung hingga 25 persen dari kapasitas normal atau sekitar 3.000 kunjungan per hari.

Artikel Menarik Lainnya :  Mayoritas Destinasi Wisata di Kabupaten Magelang Rawan Bencana

Rina menambahkkan, pihaknya telah menyiapkan program khusus di bulan Agustus 2021 yakni Artos Shop From Home. Layanan ini bisa dimanfaatkan pelanggan yang ingin berbelanja tanpa harus datang ke mall.

“Kami akan mengantarkan pesanan sampai rumah pelanggan, sesuai katalog yang sudah disediakan,” ujar Public Relation Artos Mall, Andrita Ayu.

Program ini diadakan untuk mempermudah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, juga mengurangi mobilitas di area mall.

“Semoga apa yang telah diusahakan dan dengan saling bekerjasama untuk disiplin prokes di lingkungan publik, dapat turut andil dalam menurunkan angka penyebaran Covid-19,” kata Ayu. (wid)