Antisipasi Kecelakaan, Disperkimhub bersama Polres Wonosobo Perbaiki Flash Lamp dan Pasang Himbauan di 12 Titik

PASANG. Disperkimhub bersama dengan unit Dikyasa Satlantas Polres Wonosobo, memasang flash lamp dan banner himbauan di 12 titik yang ada di jalur tengkorak Kertek.
PASANG. Disperkimhub bersama dengan unit Dikyasa Satlantas Polres Wonosobo, memasang flash lamp dan banner himbauan di 12 titik yang ada di jalur tengkorak Kertek.

MAGELANGEKSPRES.COM, WONOSOBO – Disperkimhub bersama dengan Unit Dikyasa Satlantas Polres Wonosobo memasang flash lamp dan banner himbauan di 12 titik di jalur tengkorak Kertek. Hal tersebut sebagai upaya untuk menekan tingginya kasus kecelakan di jalur tersebut.

“Kami telah memperbaiki flash lamp di dekat jembatan penyelamat Kertek, serta sejumlah banner peringatan di 12 titik di Jalur Sindoro Sumbing,” ungkap Kasi Dalop Disperkimhub Wonosobo, Waluyo Welly, kemarin.

Menurutnya, pemasangan banner dan perbaikan flashlamp tersebut bekerjasama dengan pihak unit Dikyasa Satlantas Polres Wonosobo. Dengan harapan, pengemudi yang melintas di jalur Kledung- Kertek bisa lebih waspada dan mengikuti arahan atau peringatan yang telah terpasang.

“Kita berharap dengan pemasangan itu akan membantu pengemudi atau sopir yang melintas jalur tersebut, karena mereka harus terus diingatkan, agar senantiasa mempersiapkan diri saat akan melintas di turunan panjang itu,” katanya.

Disebutkan, pemasangan banner himbauan atau peringatan tersebut berada di jalur reco hingga kertek, dengan titik pemasangan berada di dalangan purwojati, purbosono dan kapencar.

“Sebenarnya jelang turunan panjang sudah ada rest area dan himbauan, namun biasanya pengemudi dari luar kabupaten yang tidak terbiasa melintas kurang memperhatikan situasi itu,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar, saat melakukan sidak peninjauan tindak lanjut revitalisasi jalur penyelamat Kertek, mengemukakan bahwa  turunan curam Kledung-Kertek, telah berulang kali terjadi kecelakaan dan tidak sedikit sudah memakan korban jiwa.

“Karena sering terjadi kecelakaan maut, maka memang perlu perhatian dan penanganan khusus dari semua pihak. Salah satunya  penyempurnaan tambahan berbagai sarana atau fasilitas pendukung sehingga kedepan, kecelakaan di jalur tersebut dapat diminimalisir,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh instansi terkait. Salah satunya perlu dilakukan penertiban papan reklame di utara lokasi yang dirasa menutupi pandangan terhadap lokasi jembatan penyelamat.

Artikel Menarik Lainnya :  Sempat Ditolak Warga, Pembongkaran Median Jalan di Pertigaan Pasar Berlanjut

“Saya rasa ini perlu ditertibkan, papan reklame ini bisa mengganggu dan menutupi pandangan pengemudi terhadap lokasi jalur jembatan penyelamat, jadi nggak kelihatan,” katanya

Selain itu Albar mengatakan perlu adanya tambahan rambu-rambu di sepanjang jalur tersebut, sebagai pesan pengingat kepada para pengemudi, serta petunjuk ke arah jembatan Penyelamat. Apalagi akhir-akhir ini kecelakaan yang terjadi juga banyak melibatkan warga lokal. Serta seringnya kecelakaan rem blong ini kebanyakan mereka yang berasal dari luar kota dan tidak paham medan di sini. (gus)