Angka Positif Covid Diprediksi Lebih Tinggi

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Purworejo.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo kembali diumumkan, Kamis (6/8) pagi. Sebanyak 10 dilaporkan terkonfirmasi positif. Dengan tambahan angka tersebut, jumlah kasus positif di Purworejo sentuh angka 209 kasus.

Pengumuman tersebut disampaikan Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL dalam siaran pers yang dikirim kepada awak media. Dikatakannya, kesepuluh kasus tersebut terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan.

Dikatakan bahwa jumlah tersebut sebenarnya mungkin bisa lebih banyak apabila semakin banyak yang di swab. Namun demikian, pihaknya tidak dapat berbuat banyak lantaran kemampuan swabnya terbatas.

“Namun Kabupaten Purworejo dibatasi bisa mengirim sampel yang akan diuji di laboratorium, maksimal 250 orang dalam sepekan. Karena setiap orang 2 kali swab  maka jumlahnya menjadi 500 sampel dalam sepekan,” ungkapnya.

Dijelaskan bahwa dari 10 orang tersebut, 3 orang diantaranya berasal dari Kecamatan Bayan, 3 orang dari Kecamatan Purworejo, serta dari Kecamatan Loano, Bagelen dan Butuh masing-masing 1 orang.

“Sedangkan 1 orang lainnya merupakan warga Bandung Jawa Barat, namun berdomisili di wilayah Kecamatan Purwodadi,” jelasnya.

Dengan demikian jumlah pasien terkonfirmasi covid-19 saat ini sebanyak 209 orang. Dengan rincian 11 orang dirawat, 38 orang isolasi mandiri, 2 orang meninggal dan 158 orang selesai isolasi/sembuh.

Pihaknya tak henti-henti melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan atau aktifitas sehari-hari. Dengan kedisiplinan tersebut minimal akan meminimalisir penyebaran covid-19 di Purworejo.

“Selalu cuci tangan dan jangan lupa mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah agar senantiasa terjaga. Jangan lupa mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rajin berolahraga untuk meningkatkan imun kita,” katanya. (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  Korban Pembunuhan dengan 'Racun Sianida' oleh Dukun Pengganda Uang Bertambah, Kali Ini Warga Sleman