An-Nawawi Kembali Terima Santri Beasiswa

An-Nawawi Kembali Terima Santri Beasiswa.
BERFOTO. Pimpinan Pesantren Aulia Cendikia Palembang bersama santri beasiswa berfoto dengan Pengasuh dan Ketua Yayasan Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan, kemarin.

//Program Kaderisasi 1.000 Ulama Aulia Cendikia Palembang//

PURWOREJO – Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo kembali mendapatkan kepercayaan dari pihak luar untuk mendidik santri beasiswa. Kali ini santri beasiswa tersebut berasal dari Pesantren Aulia Cendikia Palembang.

Pimpinan Pesantren Aulia Cendikia, KH Hendra Zaenudin MPdI mengungkapkan, beasiswa santri tersebut merupakan program Kaderisasi 1.000 Ulama yang digagas oleh yayasan/ pesantren yang dipimpinnya.

“Program kaderisasi 1.000 ulama ini telah berjalan sejak tahun 1997 silam. Alhmdulillah hingga saat ini terus berjalan,” katanya saat ditemui usai sowan Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi, KH Achmad Chalwani, Senin (1/7).

Lebih lanjut dikatakannya, untuk tahun ini pihaknya mengirimkan 13 santri dari wilayah Palembang ke sejumlah pondok pesantren di pulau Jawa. Dari jumlah tersebut, empat diantaranya di kirimkan ke Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan.

“Keempat santri tersebut akan menempuh pendidikan tingkat Aliyah. Harapannya, nanti mereka dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di An-Nawawi sekalian,” tandasnya.

KH Hendra menambahkan, santri-santri tersebut mendapatkan beasiswa penuh selama mereka menempuh pendidikan di Pondok Pesantren An-Nawawi. Termasuk jika nanti mereka akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di STAI An-Nawawi, pihaknya juga akan siap membiayai.

“Santri peraih beasiswa tersebut sebelumnya telah melalui proses seleksi selama menempuh pendidikan tingkat pertama di Pesantren Aulia Cendikia. Kami sengaja mengirim ke An-Nawawi supaya memiliki pengalaman pembelajaran yang bagus yang nantinya dapat menyebarkan dakwah ke Palembang sekaligus memperkuat kelembagaan Aulia Cendikia,” katanya.

Ia mengakui bahwa pendidikan di Pondok Pesantren An-Nawawi sangat bagus karena meskipun berlatar belakang salaf namun sistem manajerial pendidikan sudah dikelola dengan modern. Kader pesantren lulusan pondok pesantren seperti An-Nawawi inilah yang akan mampu menjawab permasalahan zaman di masa yang akan datang.

Artikel Menarik Lainnya :  Jadwal Asesmen Nasional SD Diubah, Ini Info Lengkapnya...

“Ini sesuai dengan program kami, kaderisasi 1000 ulama. Yang saya tahu hanya pondok pesantrenlah yang memiliki legitimasi untuk menghasilkan ulama,” katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi, KH Chalwani Nawawi didampingi Ketua Yayasan KH R Maulana Alwi saat menerima rombongan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada lembaga yang diasuhnya itu.

“Pesantren saat menjadi menjadi lembaga pendidikan yang tepat untuk mendidik generasi penerus bangsa. Pesantren telah teruji menjawab tantangan zaman karena secara kelembagaan telah mengakar terhadap budaya bangsa Indonesia,” katanya. (adv/luk)