Alun-alun Kota Magelang Dilengkapi Taman Bermain Anak

Bermain
TAMAN BERMAIN. Di sisi utara Alun-alun Kota Magelang bersebelahan dengan pusat kuliner Tuin Van Java tengah dibangun taman bermain anak.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Pemkot Magelang bakal melengkapi kawasan Alun-alun Kota Magelang dengan taman bermain anak. Rencananya taman tersebut menjadi titik awal, karena ke depan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Sejuta Bunga akan ditambahi dengan playground (taman anak).

Kasi Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum (PJU), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang, Teguh Aryanto mengatakan, lokasi taman anak ini berada di sisi utara Alun-alun. Pembangunan sudah dimulai sejak 29 Oktober lalu dan ditarget tuntas pada 27 Desember 2019 mendatang.

”Pembangunan taman ini sekaligus keseriusan Pemkot Magelang setelah berkali-kali meraih predikat Kota Layak Anak (KLA). Bahkan, Bapak Walikota (Walikota Magelang Sigit Widyonindito) menginginkan agar semua RTH akan dilengkapi arena bermain anak,” kata Teguh, Senin (25/11).

Baca Juga
Ramaikan CFD di Gelora Sanden Magelang, Puluhan Perempuan Senam Pakai Kebaya

Fasilitas bermain anak ini dibangun dengan memakan anggaran sebesar Rp322.750.000. Arena bermain berbentuk lingkaran berdiameter 10 meter dengan diisi permainan berupa seluncuran spiral, seluncuran bergelombang, terowongan, dan tangga.

”Rencana awal kita ada tiga lingkaran dengan arena lebih luas. Tapi, karena keterbatasan dana, sementara kita buat yang berdiamter 10 meter dulu. Ke depan akan kita realisasikan yang dua lingkaran lain berukuran lebih kecil sebagai tempat bermain berupa kolam pasir,” katanya.

Untuk keamanan, lanjut dia, bahan dari alat permainan ini aman untuk anak-anak. Sebagai jaminannya, alat ini bersertifikat Standard Nasional Indonesia (SNI) dan untuk lantai dibuat dari rubber mat atau karpet berbahan karet yang tebal.

Baca Juga
Pengendara Motor di Magelang Ditemukan Tewas Hanyut di Sungai Manggis

”Bahannya selain kuat, juga aman untuk anak-anak. Termasuk lantainya empuk, jadi kalau anak-anak jatuh ke lantai tidak terluka parah. Karena untuk anak-anak, maka semuanya harus benar-benar aman untuk mereka,” jelasnya.

Ia menyebut, playground yang sedang dibuat di Alun-alun ini dianggap sebagai yang pertama di area RTH. Tempat lainnya seperti Taman Badakan berbeda dan ke depan tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan di tempat lainnya.

”Permainan seperti di pusat-pusat perbelanjaan ini baru pertama ada di alun-alun. Kami yakin anak-anak akan menyambutnya dengan gembira. Ke depan, rencana kita kembangkan di Taman Patung A Yani, tapi barangkali dengan konsep berbeda, seperti arena outbond,” pungkasnya. (wid)