Aliansi Mahasiswa UMP Turun ke Jalan Galang Donasi Korban Bencana, Berhasil Kumpulkan Rp45 Juta Lebih

GALANG DONASI. Aliansi Mahasiswa UMP menggalang donasi untuk membantu koprban bencana dengan turun ke jalan serata menggelar konser amal di sejumlah tempat dalam beberapa hari terakhir.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO- Aliansi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) menggalang donasi untuk membantu korban bencana nasional, seperti Banjir Sumatera Barat, Banjir Kalimantan Barat, Banjir Kalimantan Selatan, Banjir Jawa Timur, Gempa Majene Sulawesi Barat, Longsor Sumedang, dan bencana lokal di Purworejo khususnya di daerah Bruno.  Dalam mengetuk hati masyarakat, para mahasiswa melangsungkan Aksi Galang Dana dengan tajuk “Berbagi untuk Peduli” yang dilakukan dalam dua gerakan, yakni Aksi Turun ke Jalan dan Konser Amal.

Korrdinator aksi, Elvani Dandi, menyebut kedua aksi ini merupakan kolaborasi mahasiswa perwakilan Ortonom Muhammadiyah (Ortom), Himpunan Mahasiswa (Hima), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Aksi Galang Dana ke Jalan dilakukan di berbagai titik persimpangan jalan.

“Sedangkan konser amal dilakukan secara bertahap 3 pementasan yang disiarkan secara langsung melalui media sosial UM Purworejo menggunakan platform Instagram dan Youtube yang dalam pelaksanaan keduanya tentunya selalu mengindahkan protokol kesehatan Covid-19,” sebutnya, Minggu (7/2).

Lebih rinci dijelaskan, galang dana turun ke jalan terlaksana selama 3 hari, yaitu pada Jumat-Sabtu, 29-30 Januari  dan Selasa, 2 Februari 2021 dengan 5 titik penggalangan dana. Masing-masing yakni persimpangan BRI, persimpangan Kolam Renang Arta Tirta, persimpangan SMA Negeri 6 Purworejo, persimpangan Don Bosco dan persimpangan Tegalsari dengan 3 estimasi waktu yang dibagi menjadi 3 shift.

Konser Amal dengan 3 kali pementasan. Part 1 pada Kamis, 28 Januari 2021 pukul 20.00-21.00 WIB berlangsung lancar dan meriah dengan macam hiburan Tilawah, Akustik, dan Musikalisasi Puisi yang melibatkan beberapa mahasiswa dari Organisasi Kemahasiswaan, seperti Ortom, Hima dan UKM. Part 2 digelar pada Minggu (31/1) pukul 13.00-14.00 WIB dengan macam hiburan Rebana, Tari Dolalak, dan Pencak Silat. Dilanjutkan Part 3 pada Rabu (3/2) pukul 20.00-21.00 WIB dengan macam hiburan Akustik, Musikalisasi Puisi, dan Tari Nawung Sekar.

Artikel Menarik Lainnya :  Dua Pekan Diburu, Polisi Akhirnya Berhasil Amankan ODGJ

Baca Juga
Jateng di Rumah Saja, Petugas Gabungan Masih Temukan Sejumlah Toko di Temanggung Buka

“Konser amal tersebut berlangsung lancar sehingga mendapat apresiasi yang baik dari berbagai kalangan,” jelasnya.

Dalam penyalurannya, Aliansi Mahasiswa juga menggandeng Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) UMP sebagai pihak yang membantu dalam proses penghimpunan donasi, baik secara tunai maupun melalui transaksi nomor rekening yang sudah disediakan. Adapun total donasi yang diperoleh dari penggalangan sebanyak Rp45.255.400. Donasi akan di serahkan kepada korban bencana di berbagai wilayah di salurkan via Lazismu PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) Purworejo dan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) Pusat.

“Untuk tingkat lokal akan langsung di sampaikan ke lokasi oleh tim relawan Aliansi Mahasiswa dan KL Lazismu UM Purworejo,” ungkapnya.

Penyerahan secara simbolik hasil Penggalangan Dana terlah dilakukan oleh koordinator Aksi kepada pihak Rektorat dan diteruskan kepada Kepala Kantor Layanan LazisMu UM Purworejo, Nasrudin Msi, di Ruang Seminar Kampus Timur UMP  pada Jumat (5/2) kemarin.

“Semua dana akan di salurkan ke korban bencana, adapun biaya operasional penggalangan dana di biayai kampus dan KL lazismu. Insya Allah kita akan membantu mengirimkan dana, dari pengumpulan donasi oleh Aliansi Mahasiswa- Lazismu UMP,” jelas Kepala KL Lazismu UMP, Nasrudin MSi.

Sementara itu, apresiasi disampaikan oleh Rektor UMP, Dr Rofiq Nurhadi MAg.

“Insya-Allah tidak hanya bermanfaat bagi penerima, tetapi juga hal ini dapat mengasah nilai-nilai kemanusiaan dan religiusitas kita,” tandasnya. (top)